Saturday, October 22, 2016

12 RASUL - PEMBAWA BERITA, Matius 10:1-4

indram642.blogspot.co.id
Matius 10:1-4
1   And when He had called His twelve disciples to Him, He gave them power over unclean spirits, to cast them out, and to heal all kinds of sickness and all kinds of disease.
2   Now the names of the twelve apostles are these: first, Simon, who is called Peter, and Andrew his brother; James the son of Zebedee, and John his brother;
3   Philip and Bartholomew; Thomas and Matthew the tax collector; James the son of Alphaeus, and Lebbaeus, whose surname was Thaddaeus;
4   Simon the Cananite, and Judas Iscariot, who also betrayed Him.

1       Κα  προσκαλεσάμενος  τος  δώδεκα  μαθητς  ατο  δωκεν  ατος  ξουσίαν  πνευμάτων  καθάρτων  στε  κβάλλειν  ατ  κα  θεραπεύειν  πσαν  νόσον  κα  πσαν  μαλακίαν. 
2       Τν  δ  δώδεκα  ποστόλων  τ  νόματα  στιν  τατα·  πρτος  Σίμων    λεγόμενος  Πέτρος  κα  νδρέας    δελφς  ατο  κα  άκωβος    το  Ζεβεδαίου  κα  ωάννης    δελφς  ατο
3       Φίλιππος  κα  Βαρθολομαος,  Θωμς  κα  Μαθθαος    τελώνης,  άκωβος    το  λφαίου  κα  Θαδδαος, 
4     Σίμων    Καναναος  κα  ούδας    σκαριώτης    κα  παραδος  ατόν.

Nama-nama Murid Yesus :
1.     Simon yang disebut Petrus (Simon Who is called Peter)
2.    Andreas saudaranya, Andrew his Brother.
3.    Yakobus anak Zebedeus, James the son of Zeebeee.
4.    Yohanes saudaranya, John his Brother.
5.    Filipus, Philip
6.    Bartolomeus, Battholomew
7.    Tomas, Thomas.
8.    Matius Pemungut cukai, Mattheus the Tax collector.
9.    Yakobus anak Alfeus, James the son of Alpheus.
10. Tadeus, Lebbaeus, whose surname was Thaddaeus.
11.  Simon orang Zelot, Simon the Cananite.
12. Yudas Iskariot, Judas Iscariot

Untuk memulai pelayanan di dunia, Yesus mulai melakukan tugas memimpin dan
Memilih orang-orang yang akan membantu :
a.    Orang-orang biasa.
v  Mereka tidak mempunyai kekayaan, Pendidikan, kekayaan.
Yesus memang memilih orang-orang biasa untuk mengerjakan pekerjaan luar biasa, bukan sebaliknya orang-orang luar biasa tapi melakukan pekerjaan-pekerjaan biasa.
b.    Campuran dari berbagai kehidupan
Contoh :
1.     Matius Pemungut cukai.
Dibenci orang Yahudi karena menjual dirinya kepada Penjajah, Menjadi pemungut cukai/pajak. Dan dianggap seorang pengkhianat bangsa.
2.    Simon orang Zelot (Patriot yang membenci penjajah dan orang yang seperti Matius).
Karena orang Zelot terdoktrin untuk membela bangsa dengan cara-cara sebagai berikut :
v  Mereka tidak mau di jajah, menginginkan kemerdekaan penuh.
v  Hanya Yahwe saja yang menjadi penguasa dan Tuhan mereka.
v  Berani mati demi kemerdekaan negaranya.
v  Tidak takut orang-orang yang dikasihi mati demi membela Negara.
v  Mereka tidak mau penguasa dunia diakui sebagai raja.
v  Pendirian mereka teguh dan mempertahankannya sampai mati.
v  Mereka akan melakukan pembunuhan-pembunuhan misterius dalam usaha membebaskan negaranya.
v  Mereka benar-benar patriot dan fanatik nasionalis.

Kalau saja Matius bertemu diluar hubungan dengan Kristus akan lain persoalannya, Tetapi mereka bersama Yesus bisa saling mengasihi.

Kita padukan ayat diatas :
Matius 10:1-4; Markus 3:13-19; Lukas 6:13-16. Nampak hal-hal yang menarik :
I.    Yesus MEMILIH mereka, Lukas 6:13; Yesaya 6:8.
a.    Yang memilih adalah Yesus sendiri (ayat 1,5 bdk. 1 Korintus 1:1; 2 Korintus 1:1  Galatia 1:1,15-17;  Efesus 1:1).
Kita tidak boleh melayani karena alasan-alasan yang lain (misalnya: daripada menganggur, karena desakan majelis /pendeta / orang kristen yang lain, dan lain-lain). Kita harus melayani karena panggilan Tuhan. Coba periksa apa sebabnya saudara melayani!
    
b.    Yesus berdoa semalam suntuk sebelum memilih (Lukas 6:12,13).
Ini adalah sesuatu yang harus kita tiru. Sebelum melakukan segala sesuatu, kita harus berdoa lebih dulu meminta pimpinan Tuhan. Apalagi kalau kita mau mengangkat pendeta, penginjil, majelis, guru Sekolah Minggu, pengurus, dsb. Kita memang harus menggunakan otak kita untuk memilih orang-orang yang rasanya cocok untuk jabatan-jabatan tersebut, tetapi kita harus berdoa supaya Tuhan memimpin kita sehingga kita mendapatkan orang-orang  yang tepat.

c.    Mula-mula murid-murid mendapat panggilan untuk mengikut Yesus (Matius 4:19,21; Matius 9:9; Yohanes 1:43), dan sekarang mereka mendapat panggilan untuk melayani. Tidak ada seorang yang dipanggil hanya untuk ikut Yesus dan tidak dipanggil untuk melayani Dia! Bagaimana dengan saudara? Mungkin saudara sudah mengikut Yesus, tetapi sudahkah saudara melayani Dia?

 II.        Yesus MEMANGGIL mereka, ini bisa mau bisa tidak.
1.   Ada 12 orang yang dipanggil untuk menjadi rasul (ay 1,2,5). Dalam Perjanjian Lama ada 12 suku Israel, dan Yesus sengaja memanggil 12 orang untuk menjadi rasul. Ini bukan kebetulan tetapi kesengajaan.

2. 12 orang itu dipilih dari antara murid-murid (Lukas 6:13). Murid = Disciple / learner (orang yang belajar). Ini sesuatu yang penting! Kalau kita mau memilih pejabat gereja, kita harus memilih dari antara orang-orang yang senang, rajin belajar Firman Tuhan! Kalau seseorang melayani Tuhan tetapi dia bukan seorang yang senang, rajin belajar Firman Tuhan, ia pasti akan mengacaukan segala pelayanan!

3.  Orang itu adalah orang-orang yang biasa saja, tetapi lalu Yesus memperlengkapi mereka (ayat 1). Dan perhatikan urut-urutannya. Yesus memperlengkapi dulu (ayat 1), baru Ia mengutus (ayat 5). Kalau Tuhan menyuruh melayani, Ia pasti memperlengkapi (1 Korintus 12:7-11). Karena itu jangan saudara mengatakan saudara tidak melayani karena saudara tidak bisa melayani!

4.  Ayat 2: ‘Pertama Simon yang di sebut Petrus'.
Kata ‘pertama’ (first) dalam bahasa Yunani adalah PROTOS yang bisa diartikan:
o   No 1 (menunjukan nomor urut belaka).
o   Yang terutama.

Jadi di sini kata PROTOS mungkin hanya menunjukkan urut-urutan saja atau hanya sekedar menunjukkan bahwa Petrus adalah orang yang menonjol di antara mereka (tetapi tetap bukan yang paling tinggi pangkatnya!).

5.   Ayat 3: ‘Matius pemungut cukai’.
Untuk mengingat kasih karunia Allah yang dilimpahkan kepadanya, Matius menambahkan ‘pemungut cukai’ untuk dirinya sendiri. Bandingkan dengan Paulus dalam Galatia 1:13,14; 1 Timotius 1:12-16. Pernahkah saudara mengingat siapa saudara dahulu?

Apa yang dilakukan Matius maupun Paulus di atas, tidak bertentangan dengan Filipi 3:14! Kalau ‘yang di belakang’ itu menghalangi kemajuan kita, maka itu harus dilupakan. Tetapi kalau itu bisa mendorong kita untuk maju, maka justru harus diingat. Juga cara kita meninjau apa yang di belakang sangat menentukan apakah hal itu menghalangi kemajuan kita atau mendorong kita untuk maju.

6.   Ayat 4: ‘Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia’.

Sebutan ‘Pemungut cukai’ bagi Matius bukanlah sesuatu yang merendahkan, memalukan, tetapi sebutan ‘pengkhianat’ untuk Yudas adalah sesuatu yang memalukan, merendahkan.
Mengapa? Karena dosa Matius terjadi sebelum ia ikut Yesus, menjadi rasul. Sedangkan dosa Yudas terjadi sesudah ia ikut Yesus dan menjadi Rasul. Di samping itu Matius bertobat sedangkan Yudas tidak.

Karena itu hati-hatilah dengan dosa sesudah saudara menjadi orang kristen. Itu jauh lebih memalukan dari pada dosa saudara sebelum saudara menjadi orang kristen.

Yesus MENUGASKAN mereka. Bahasa Yunaninya POIEIN ( menunjuk seseorang untuk melakukan tugas). Diambil dari antara MURID. Dipilih untuk hidup bersama. Markus 3:14. Mereka dipanggil untuk menjadi Rasul. Markus 3:14, Lukas 6:13.

RASUL ARTINYA ORANG YANG DIUTUS


Matius 10:1-4
1   Yesus memanggil kedua belas murid-Nya dan memberi kuasa kepada mereka untuk mengusir roh-roh jahat dan untuk melenyapkan segala penyakit dan segala kelemahan.
2   Inilah nama kedua belas rasul itu: Pertama Simon yang disebut Petrus dan Andreas saudaranya, dan Yakobus anak Zebedeus dan Yohanes saudaranya,
3   Filipus dan Bartolomeus, Tomas dan Matius pemungut cukai, Yakobus anak Alfeus, dan Tadeus,
4.  Simon orang Zelot dan Yudas Iskariot yang mengkhianati Dia.         

1   Kai  proskalesamenos  tous  dōdeka  mathētas  autou  edōken  autois  exousian  pneumatōn  akathartōn  ōste  ekballein  auta  kai  therapeuein  pasan  noson  kai  pasan  malakian. 
2   Tōn  de  dōdeka  apostolōn  ta  onomata  estin  tauta·  prōtos  simōn  o  legomenos  petros  kai  andreas  o  adelphos  autou  kai  iakōbos  o  tou  zebedaiou  kai  iōannēs  o  adelphos  autou, 
3   Philippos  kai  bartholomaios,  thōmas  kai  maththaios  o  telōnēs,  iakōbos  o  tou  alphaiou  kai  thaddaios, 

4   Simōn  o  kananaios  kai  ioudas  o  iskariōtēs  o  kai  paradous  auton.        

No comments:

KALIMAT PENDEK

INJIL LUKAS 11

RHEMA HARI INI

BERSELANCAR DALAM KEBENARAN (MATIUS)