Matius 7:7-11
Keep Asking, Seeking, Knocking
7 "Ask, and it will
be given to you; seek, and you will find; knock, and it will be opened to you.
8 For everyone who asks receives, and he who seeks finds, and to
him who knocks it will be opened.
9 Or what man is there among you who, if his son asks for bread,
will give him a stone?
10 Or if he asks for a fish, will he give him a serpent?
11 If you then, being evil, know how to give good gifts to your
children, how much more will your Father who is in heaven give good things to
those who ask Him!
7 Αἰτεῖτε καὶ
δοθήσεται ὑμῖν ζητεῖτε καὶ εὑρήσετε,
κρούετε καὶ ἀνοιγήσεται ὑμῖν·
8 πᾶς γὰρ ὁ αἰτῶν λαμβάνει καὶ ὁ ζητῶν εὑρίσκει καὶ τῷ
κρούοντι ἀνοιγήσεται.
9 ἢ τίς ἐξ ὑμῶν ἄνθρωπος, ὃν αἰτήσει ὁ υἱὸς αὐτοῦ ἄρτον μὴ λίθον ἐπιδώσει αὐτῷ;
10 ἢ καὶ ἰχθὺν αἰτήσει μὴ ὄφιν ἐπιδώσει αὐτῷ;
11 εἰ οὖν ὑμεῖς πονηροὶ ὄντες οἴδατε
δόματα ἀγαθὰ διδόναι τοῖς τέκνοις ὑμῶν πόσῳ μᾶλλον ὁ πατὴρ ὑμῶν ὁ ἐν τοῖς οὐρανοῖς δώσει ἀγαθὰ τοῖς αἰτοῦσιν αὐτόν.
Setiap orang orang ingin tahu cara berdoa yang benar sehingga
doanya didengar. Ada beberapa hal yang sering ditanyakan tentang doa/permohonannya
kepada Tuhan.:
a.
Apakah doanya ditujukan kepada Tuhan
yang kikir yang harus dipaksa agar mengabulkan ?
b.
Apakah doanya ditujukan kepada Tuhan
yang malah sebaliknya mendapatkan sengsara baru ?
c.
Apakah doanya ditujukan kepada Tuhan
yang sangat baik hati, yang telah memberi sebelum diminta.
Ayat 7 dan 8 ini adalah :
1. Ini adalah suatu perintah untuk berdoa. Doa
bukan sekedar sesuatu yang diijinkan tetapi merupakan sesuatu yang
diperintahkan. Karena itu, ‘tidak berdoa’ merupakan suatu dosa (1 Samuel
12:23).
Ada orang-orang yang menganggap
doa itu tak ada gunanya karena berdoa atau tidak berdoa toh tidak ada bedanya.
Orang yang tidak berdoa juga diberi makan, lulus ujian dan sebagainya.
Untuk hal ini ada beberapa penjelasan:
a. Dalam hal Jasmani, memang ada kemungkinan orang yang tak berdoapun akan
menerima sesuatu dari Tuhan. Tetapi kita tetap harus membedakan antara
pemberian Tuhan sebagai Pencipta kepada manusia ciptaan-Nya dan pemberian Tuhan
sebagai Bapa kepada anak-Nya.
b. Dalam hal Rohani,
orang yang tidak minta tidak akan menerima. Misalnya: pengampunan dosa hanya
diberikan oleh Allah kepada mereka yang memintanya.
Jadi, berdoa sangat berguna dan kita diperintahkan untuk
berdoa. Seberapa banyak saudara berdoa?
2. Kata-kata
‘mintalah’, ‘carilah’, dan ‘ketoklah’ dalam ayat 7 adalah dalam bentuk present imperative.
Dalam bahasa Yunani ada dua bentuk perintah yaitu:
Ø Aorist imperative: ini
adalah perintah yang hanya perlu dilakukan 1 x. Contoh: Yohanes 2:7.
Ø Present imperative: ini
adalah perintah yang harus dilakukan terus-menerus.
Contoh: Efesus 5:18.
Kata-kata dalam Matius 7:7 itu ada dalam bentuk present
imperative dan karena itu berarti bahwa kita harus terus menerus berdoa. Itu sebabnya saudara harus berdoa dengan
tekun?
3. Tuhan hanya memberi
yang baik kepada kita (ayat 11).
a. Ayat yang pararel dengan
Matius 7:11 adalah Lukas 11:13 - “Jadi jika kamu yang jahat tahu memberi
pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang di sorga! Ia akan
memberikan Roh Kudus kepada mereka yang meminta kepadaNya.’”
Tetapi di situ disebutkan ‘Roh Kudus’ (dalam
bahasa Yunani tanpa definite article ‘the’). Apa artinya? Ada beberapa
penafsiran:
1. Ada
yang mengatakan bahwa yang dimaksud betul-betul Roh Kudus (pribadi ke-3 dari
Allah Tritunggal),
2. Itu
berarti ‘kehadiran dan pekerjaan Roh Kudus dalam diri kita’.
3. Itu
berarti hal-hal yang bersifat rohani.
4. Ada
yang berkata bahwa istilah ‘Roh Kudus’ mencakup ‘semua hal yang baik’.
William Hendriksen: “Here Matthew’s version has
‘good gifts,’ while Luke’s has ‘the Holy Spirit.’ These two are in perfect
accord, for is not the Holy Spirit the very Source of all that is good?” (= Di
sini versi Matius mengatakan ‘’pemberian yang baik’ sementara versi Lukas
mengatakan ‘Roh Kudus’. Kedua hal ini sesuai secara sempurna, karena bukankah
Roh Kudus adalah Sumber dari semua yang baik?).
Bandingkan Lukas 11:13 ini dengan Yesaya 44:3b -
“Aku akan mencurahkan RohKu ke atas keturunanmu, dan berkatKu ke atas anak
cucumu”. Ini bisa dianggap sebagai ‘synonymous parallelism’ (2 kalimat paralel
yang sinonim / berarti sama), sehingga ‘RohKu’ = ‘berkatKu’.
b. Waktu
kita menafsirkan ay 7-8, kita harus memperhatikan ay 9-11.
Ada banyak orang yang menafsirkan
ay 7-8 terlepas dari ay 9-11 sehingga mereka menyimpulkan bahwa Allah akan
memberikan segala sesuatu yang kita minta. Ini salah! Karena jelas sekali ay 11
mengatakan bahwa Allah hanya memberi yang baik kepada kita. Yang dimaksud
dengan ‘yang baik’ itu jelas adalah yang baik dari sudut pandang Allah, bukan sudut
pandang kita.
c. Kadang-kadang ada orang
yang berdoa untuk meminta sesuatu yang jelas-jelas adalah dosa tetapi
dikabulkan. Bagaimana hal itu terjadi?
v Pengabulan
itu mungkin datang dari setan.
v Pengabulan
itu bisa datang dari Tuhan karena Tuhan hendak menghajar orang itu (1 Samuel
8:6-9).
d. Supaya doa kita tak
sia-sia, maka kita harus meminta apa yang baik. Supaya kita tahu apa yang baik,
kita harus belajar Firman Tuhan! Jadi, doa tidak bisa dipisahkan dari Firman
Tuhan. Orang yang tidak mengerti Firman Tuhan tidak akan bisa berdoa dengan
baik / benar.
e. Kalau Tuhan memberikan
semua yang kita minta, itu sebetulnya adalah malapetaka bagi kita karena kita
akan menerima segala sesuatu menurut kebijaksanaan kita. Kalau Tuhan menyensor
permintaan kita, maka kita akan menerima segala sesuatu sesuai kebijaksanaan
Tuhan.
Ask,
Seek, Knock
7 aiteite kai dothēsetai
umin zēteite kai
eurēsete, krouete kai
anoigēsetai umin·
8 pas gar o
aitōn lambanei kai
o zētōn euriskei
kai tō krouonti
anoigēsetai.
9 ē tis ex
umōn anthrōpos, on
aitēsei o uios
autou arton mē
lithon epidōsei autō;
10 ē kai ichthun
aitēsei mē ophin
epidōsei autō;
11 ei oun umeis
ponēroi ontes oidate
domata agatha didonai
tois teknois umōn
posō mallon o
patēr umōn o
en tois ouranois
dōsei agatha tois
aitousin auton.
7 "Mintalah, maka akan diberikan kepadamu; carilah, maka
kamu akan mendapat; ketoklah, maka pintu akan dibukakan bagimu.
8 Karena setiap orang
yang meminta, menerima dan setiap orang yang mencari, mendapat dan setiap orang
yang mengetok, baginya pintu dibukakan.
9 Adakah seorang dari
padamu yang memberi batu kepada anaknya, jika ia meminta roti,
10 atau memberi ular,
jika ia meminta ikan?
11 Jadi jika kamu yang
jahat tahu memberi pemberian yang baik kepada anak-anakmu, apalagi Bapamu yang
di sorga! Ia akan memberikan yang baik kepada mereka yang meminta
kepada-Nya."