Tulisan Firman dalam pencerahan yang sederhana untuk menghidupi hidup yang sederhana menjadi DASYAT BERSAMA TUHAN.
Tuesday, April 19, 2016
LOVE YOUR ENEMIES, Matius 5:43-48
Matius 5:43-48
Matius 5:43-48. KASIHILAH MUSUHMU.
43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?
48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."
Hkousate oti erreqh, qeleiV agapa ton plhsion sou kai misei ton ecqron
sou.
|
|
Egw omwV saV
legw, Agapate touV ecqrouV saV, eulogeite ekeinouV, oitineV saV katarwntai,
euergeteite ekeinouV, oitineV saV misousi, kai proseucesqe uper ekeinwn,
oitineV saV blaptousi kai saV katatrecousi,
|
|
dia na geinhte uioi tou PatroV saV tou en toiV ouranoiV, dioti autoV
anatellei ton hlion autou epi ponhrouV kai agaqouV kai brecei epi dikaiouV
kai adikouV.
|
|
Dioti ean
agaphshte touV agapwntaV saV, poion misqon ecete; kai oi telwnai den kamnousi
to auto;
|
|
kai ean aspasqhte touV adelfouV saV monon, ti perissoteron kamnete; kai
oi telwnai den kamnousin outwV;
|
|
este loipon
seiV teleioi, kaqwV o Pathr saV o en toiV ouranoiV einai teleioV.
|
MENGASIHI MUSUHMU ?
suatu perkataan yang
mudah disebutkan/ dikatakan /diajarkan/ dinyatakan/dikumandangkan, dan
lain-lain perkataan/tulisan sejenis. Tapi praktekanya dalam kehidupan tidak
semudah yang tertulis diatas, tetapi Yesus mengajarkan ini, supaya kita
mengasihi musuh musuh kita, kalau mengasihi orang tua itu biasa bahkan wajib,
mengasihi adik/kakak itu juga biasa dan wajib, atau mengasihi orang yang kita
sayang, orang yang baik dengan kita, orang yang dekat dengan kita, sahabat.
Dari
tulisan ayat Matius 5:43-48 ini ada beberapa hal yang akan saya jelaskan
sedikit tentang Mengasihi musuhmu.
Ada
4 (empat) kata yang mengandung arti KASIH :
a.
STORGE = kata kerjanya
STERGEIN.
Kasih
dalam hubungan keluarga (orang tua kepada anak).
b. EROS
= kata kerjanya ERAN.
Cinta
laki-laki/wanita dengan lawan jenisnya.
c.
PHILIA = kata
kerjanya PHILEIN. Artinya. :
o
Kasih sayang yang sejati.
o
Membelai dengan kasih sayang.
o
Mencium dengan mesra.
d. AGAPE = kata kerjanya AGAPAN artinya.
§ Kebajikan yang tak kenal
akhir.
§ Kebaikan hati yang tak kenal
batas.
§ Kehendak baik yang tak
kenal menyerah.
Tindakan Agape adalah
;
1) Kasih yang tidak sama dengan STORGE dan PHILIA.
2) Kasih yang merupakan dari kemauan yang kita lakukan
dengan penuh kesengajaan, kasih yang mengalahkan hal-hal naluriah yang dimiliki
manusia.
3) Kasih yang memberikan kebebasan kepada setiap orang
untuk melakukan segala yang disukai, namun juga kita tidak akan membiarkan
begitu saja.
4) Kasih yang menjadi dasar bagi hubungan
pribadi-pribadi.
5) Kasih yang hanya mungkin bagi orang Kristen yang
didalam Yesus.
6) Berdoa bagi mereka/orang lain.
Jadi
mengasihi bagi orang Percaya adalah suatu perintah Ilahi yang wajib dilakukan karena
:
Ø Perintah untuk mengasihi musuh ini sering menyebabkan kekristenan
diserang oleh orang-orang beragama lain, karena dianggap tidak masuk akal
Ø ‘Membalas kebaikan dengan kejahatan adalah seperti setan; membalas kebaikan dengan kebaikan adalah
manusiawi; membalas
kejahatan dengan kebaikan adalah ilahi’
Ø Ini adalah perintah yang paling mulia / luhur yang pernah diberikan
kepada manusia: agama yang salah / palsu tidak berani memberikan perintah
seperti ini, karena, tanpa pengaruh supranatural, itu pasti tidak akan bisa
dipraktekkan untuk selama-lamanya
Ø Kekristenan kita dibuktikan oleh adanya sesuatu yang khusus /
spesial dalam hidup kita yaitu Mengasihi musuhmu.
Ayat 48.
48. Karena itu
haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah
sempurna."
48. Therefore you shall be perfect, just as your Father in
heaven is perfect.
48. ἔσεσθε οὖν ὑμεῖς τέλειοι ὡς ὁ πατὴρ ὑμῶν ὁ οὐράνιος τέλειος ἐστιν.
48. esesthe oun umeis teleioi ōs o patēr umōn o ouranios teleios estin.
SEMPURNA adalah TELEIOS.
Artinya :
v Binatang
yang tanpa cacat dan cela.
v Orang yang
telah mencapai kedewasaan penuh.
v Mahasiswa
yang telah mencapai taraf pengetahuan yang matang mengenai pokok yang diminati.
Jadi
menurut orang Yunani : KESEMPURNAAN adalah ke –BERFUNGSI- a.
Teleios
= Manusia sempurna kalau ia mengetahui dan sepenuhnya berfungsi dengan tujuan
penciptaan dan penempatan di dunia.
Contoh
: Kejadiam 1:26
Sifat Allah KEBAJIKAN, KEHENDAK BAIK yang tak kenal batas dan
terus menerus mengusahakan yang terbaik bagi manusia.
Nah
apabila manusia melakukan seperti sifat Allah itu, orang yang demikian itu
disebut TELEIOS = SEMPURNA.
Bekasi, 15 Agustus 2013
Karyadim642.blogspot.com.
Matius
5:43-48. KASIHILAH MUSUHMU.
43 "You have heard that it was said, 'You shall love your neighbor and hate your enemy.'
44 But I say to you, love your enemies, bless those who curse you, do good to those who hate you, and pray for those who spitefully use you and persecute you,
45 that you may be sons of your Father in heaven; for He makes His sun rise on the evil and on the good, and sends rain on the just and on the unjust.
46 For if you love those who love you, what reward have you? Do not even the tax collectors do the same?
47 And if you greet your brethren only, what do you do more than others? Do not even the tax collectors do so?
48 Therefore you shall be perfect, just as your Father in heaven is perfect.
to love our enemies; and to labor after
perfection.
43 ēkousate oti errethē agapēseis ton plēsion sou kai misēseis ton echthron sou.
44 egō de legō umin agapate tous echthrous umōn kai proseuchesthe uper tōn diōkontōn umas,
45 opōs genēsthe uioi tou patros umōn tou en ouranois, oti ton ēlion autou anatellei epi ponērous kai agathous kai brechei epi dikaious kai adikous.
46 ean gar agapēsēte tous agapōntas umas, tina misthon echete; ouchi kai oi telōnai to auto poiousin;
47 kai ean aspasēsthe tous adelphous umōn monon, ti perisson poieite; ouchi kai oi ethnikoi to auto poiousin;
48 esesthe oun umeis teleioi ōs o patēr umōn o ouranios teleios estin.
HUKUM PEMBALASAN, Matius 5:38-42
Matius
5:38-42, Go the Second Mile
38 "You
have heard that it was said, 'An eye
for an eye and a tooth for a tooth.
39
But I
tell you not to resist an evil person. But whoever slaps you on your right
cheek, turn the other to him also.
40
If
anyone wants to sue you and take away your tunic, let him have your
cloak also.
41
And
whoever compels you to go one mile, go with him two.
42
Give
to him who asks you, and from him who wants to borrow from you do not turn
away.
He exhorts to forgive wrong,
38 Ἠκούσατε ὅτι ἐρρέθη· ὀφθαλμὸν ἀντὶ ὀφθαλμοῦ καὶ ὀδόντα ἀντὶ ὀδόντος.
39 ἐγὼ δὲ λέγω ὑμῖν μὴ ἀντιστῆναι τῷ πονηρῷ· ἀλλ’ ὅστις σε ῥαπίζει εἰς τὴν δεξιὰν σιαγόνα σου, στρέψον αὐτῷ καὶ τὴν ἄλλην·
40 καὶ τῷ θέλοντι σοι κριθῆναι καὶ τὸν χιτῶνα σου λαβεῖν ἄφες αὐτῷ καὶ τὸ ἱμάτιον·
41 καὶ ὅστις σε ἀγγαρεύσει μίλιον ἓν ὕπαγε μετ’ αὐτοῦ δύο.
42 τῷ αἰτοῦντι σε δός καὶ τὸν θέλοντα ἀπὸ σοῦ δανίσασθαι μὴ ἀποστραφῆς.
HUKUM YANG
TERTUA DIDUNIA INI.
Lex
Talionis Yaitu Hukum Pembalasan (Mata ganti Mata, Gigi ganti Gigi) adadi Kitab
Hukum HAMMURABI, Raja Babil tahun 2285-2243 SM.
Tetapi ada perbedaan antara orang Ningrat dengan orang kebanyakan.
§ Sesama
ningrat berlaku Hukum (gigi ganti gigi)
§ Ningrat
dengan orang miskin berlaku hukum (hanya dibayar dengan uang yang telah
ditentukan).
§ Orang miskin
dan orang ningrat (gigi ganti gigi).
§ Orang Miskin
dengan orang miskin (gigi ganti gigi)
Jadi
isi pokok hukum yang terkandung didalamnya cukup jelas “KALAU ADA ORANG YANG
MERUGIKAN ORANG LAIN, MAKA KERUGIAN YANG SAMA HARUS DI KENAKAN KEPADA ORANG
TERSEBUT.
HUKUM LEX TALIONIS ternyata telah menjadi bagian penting dari
Perjanjian Lama.
Contoh : Keluaran 21:23-25, Ulangan 19:21, Imamat 24:9-20.
Hukum
ini di Perjanjian Lama seperti hukum yang kejam, tapi mari kita mempelajari
beberapa hal :
1.
HUKUM LEX TALIONIS : sebbearnya adalah hukum PERMULAAN dari
ANUGERAH.
Untuk membatasi pembalasan/balas
dendam.
Pada zaman purba apabila ada satu
anggota kelompok suku dilukai maka suku itu akan menyerang suku yang melukaiyang
akibatnya banyak yang mati.
Jadi tujuannya jelas untuk membatasi
Pembalasan yang akibatnya mengurangi penumpahan darah.
2. Pribadi-pribadi tidak diberikan
hak untuk menentukan sendiri pembalasannya.
Hakim yang menentukan dipengadilan. Contoh : Ulangan 19:18
3.
AHLI YAHUDI mengubahnya menjadi seperti yang ada didalam
DOCUMENT hukum Yahudi yaitu : “BABA KAMMA”
Kalau ada orang yang mencelakai orang lain, maka
ia harus bertanggung jawab atas 5 (lima) hal :
a. Luka
b. Rasa Sakit.
c. Penyembuhannya.
d. Waktu yang hilang.
e. Kehormatan si penderita.
4.
HUKUM LEX TALIONIS ini hanyalah bagian terkecil dari seluruh
ETIKA Perjanjian Lama. Karena di Perjanjian Lama banyak sekali tentang ANUGERAH
dan KEMURAHAN.
Contoh : Imamat 19:18; Amsal 25:21, Amsal 24:19,
Ratapan 3:30.
TETAPI
YESUS MENGHAPUSKAN DASAR UTAMA dari HUKUM LEX TALIONIS = HUKUM PEMBALASAN.
Hukum
ini tidak mempunyai tempat di dalam hidup KRISTIANI.
1. Ayat 19 menampar pipi kiri beri pipi Kanan.
Menurut hukum Rabinis menampar dengan bagian belakang tangan itu
penghinaan dua kali.
Tapi Yesus mengajar tidak boleh balas atau mendendam.
2. Ayat 40 mengingini bajumu
serahkan jubahmu.
Di Israel
tidak semua orang yang mempunyai jubah, kalau pakaian, orang yang paling
miskinpun punya pakaian lebih dari satu.
Dan Jubah
dipakai hanya untuk siang hari (mencegah sengatan Matahari) dan malam hari dari
udara dingin. Keluaran 22:26-27.
Jadi jubah
adalah hak setiap orang, yang harus selalu ada padanya dan tidak bolehdiambil
oleh orang lain.
Tetapi
Yesus mengatakan orang Kristen tidak boleh :
Ø Mengandalkan
Haknya.
Ø Memperdebatkan
hak-hak hukumnya.
Ø Tetapi yang
dipikirkannya adalah tugasnya.
ORANG
KRISTEN SEJATI HARUSLAH TERUS BELAJAR MENJADI ORANG YANG SEOLAH-OLAH TIDAK
MEMPUNYAI HAK HUKUM.
3.
Ayat 41 dipaksa berjalan 1 mil.
AGGAREUEIN = Memaksa.
Asal kata AGGAREUS = Utusan/Kurir.
Kata
ini dipakai untuk setiap bentuk pemaksaan terhadap penduduk jajahan.
Contoh
: Simon dari Kirene dipaksa mengangkat Salib Yesus.
KALAU ENGKAU DIBERI TUGAS , MESKIPUN TUGAS ITU KAU BENCI DAN TAK MASUK AKAL, JANGANLAH MELAKUKANNYA
SEBAGAI TUGAS JAHAT DAN MENIMBULKAN RASA DENDAM DALAM DIRIMU; KERJAKANLAH TUGAS
ITU SEBAGAI PELAYANAN DENGAN KEGEMBIRAAN.
4. Ayat 42 MEMBERI DAN
MEMINJAM.
Perintah Allah
yang mulia Ulangan 15:7-11.
5
(lima) pokok/dasar soal memberi untuk orang Yahudi.
v Pemberian
tidak boleh di tolak.
v Pemberian
harus cocok dengan orang yang menerimanya.
v Memberi
haruslah dilakukan secara pribadi dan rahasia atau diam-diam.
v Cara memberi
haruslah juga sesuai dengan keadaan, sifat dan suasana jiwa orang yang
menerima.
v Memberi
adalah suatu kehormatan dan sekaligus kewajiban, sebab semua pemberiaan
sebenarnya adalah pemberian kepada Allah.
LEBIH BAIK MEMBERI ORANG YANG PURA-PURA MENGEMIS
KETIMBANG MNGHINDARKAN DIRI DARI MEMBERIKAN SESUATU KEPADA ORANG YANG MEMANG
BENAR-BENAR MEMBUTUHKAN.
Bekasi, 13 Agustus 2013
Karyadim642.blogspot.com
Matius
5:38-42, Mata ganti mata, Gigi ganti gigi
5:38 Kamu telah mendengar firman:
Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.
He exhorts to forgive
wrong,
38 ēkousate oti errethē· ophthalmon anti ophthalmou kai odonta anti odontos.
39 egō de legō umin mē antistēnai tō ponērō· all ostis se rapizei eis tēn dexian siagona sou, strepson autō kai tēn allēn·
40 kai tō thelonti soi krithēnai kai ton chitōna sou labein aphes autō kai to imation·
41 kai ostis se angareusei milion en upage met autou duo.
42 tō aitounti se dos kai ton thelonta apo sou danisasthai mē apostraphēs.
Subscribe to:
Posts (Atom)