Tuesday, April 19, 2016

A B S T R A K












LOVE YOUR ENEMIES, Matius 5:43-48


Matius 5:43-48
Matius 5:43-48. KASIHILAH MUSUHMU.
43 Kamu telah mendengar firman: Kasihilah sesamamu manusia dan bencilah musuhmu.
44 Tetapi Aku berkata kepadamu: Kasihilah musuhmu dan berdoalah bagi mereka yang menganiaya kamu.
45 Karena dengan demikianlah kamu menjadi anak-anak Bapamu yang di sorga, yang menerbitkan matahari bagi orang yang jahat dan orang yang baik dan menurunkan hujan bagi orang yang benar dan orang yang tidak benar.
46 Apabila kamu mengasihi orang yang mengasihi kamu, apakah upahmu? Bukankah pemungut cukai juga berbuat demikian?
47 Dan apabila kamu hanya memberi salam kepada saudara-saudaramu saja, apakah lebihnya dari pada perbuatan orang lain? Bukankah orang yang tidak mengenal Allahpun berbuat demikian?
48 Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."

Hkousate oti erreqh, qeleiV agapa ton plhsion sou kai misei ton ecqron sou.
Egw omwV saV legw, Agapate touV ecqrouV saV, eulogeite ekeinouV, oitineV saV katarwntai, euergeteite ekeinouV, oitineV saV misousi, kai proseucesqe uper ekeinwn, oitineV saV blaptousi kai saV katatrecousi,
dia na geinhte uioi tou PatroV saV tou en toiV ouranoiV, dioti autoV anatellei ton hlion autou epi ponhrouV kai agaqouV kai brecei epi dikaiouV kai adikouV.
Dioti ean agaphshte touV agapwntaV saV, poion misqon ecete; kai oi telwnai den kamnousi to auto;
kai ean aspasqhte touV adelfouV saV monon, ti perissoteron kamnete; kai oi telwnai den kamnousin outwV;
este loipon seiV teleioi, kaqwV o Pathr saV o en toiV ouranoiV einai teleioV.

MENGASIHI MUSUHMU ?
suatu perkataan yang mudah disebutkan/ dikatakan /diajarkan/ dinyatakan/dikumandangkan, dan lain-lain perkataan/tulisan sejenis. Tapi praktekanya dalam kehidupan tidak semudah yang tertulis diatas, tetapi Yesus mengajarkan ini, supaya kita mengasihi musuh musuh kita, kalau mengasihi orang tua itu biasa bahkan wajib, mengasihi adik/kakak itu juga biasa dan wajib, atau mengasihi orang yang kita sayang, orang yang baik dengan kita, orang yang dekat dengan kita, sahabat.

Dari tulisan ayat Matius 5:43-48 ini ada beberapa hal yang akan saya jelaskan sedikit tentang Mengasihi musuhmu.

Ada 4 (empat) kata yang mengandung arti KASIH :
a.    STORGE = kata kerjanya STERGEIN.
Kasih dalam hubungan keluarga (orang tua kepada anak).
b.    EROS = kata kerjanya ERAN.
Cinta laki-laki/wanita dengan lawan jenisnya.
c.    PHILIA = kata kerjanya PHILEIN. Artinya. :
o  Kasih sayang yang sejati.
o  Membelai dengan kasih sayang.
o  Mencium dengan mesra.
d.    AGAPE = kata kerjanya AGAPAN artinya.
§  Kebajikan yang tak kenal akhir.
§  Kebaikan hati yang tak kenal batas.
§  Kehendak baik yang tak kenal menyerah.

Tindakan Agape adalah ;
1)    Kasih yang tidak sama dengan STORGE dan PHILIA.
2)   Kasih yang merupakan dari kemauan yang kita lakukan dengan penuh kesengajaan, kasih yang mengalahkan hal-hal naluriah yang dimiliki manusia.
3)   Kasih yang memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk melakukan segala yang disukai, namun juga kita tidak akan membiarkan begitu saja.
4)   Kasih yang menjadi dasar bagi hubungan pribadi-pribadi.
5)   Kasih yang hanya mungkin bagi orang Kristen yang didalam Yesus.
6)   Berdoa bagi mereka/orang lain.

Jadi mengasihi bagi orang Percaya adalah suatu perintah Ilahi yang wajib dilakukan karena :
Ø  Perintah untuk mengasihi musuh ini sering menyebabkan kekristenan diserang oleh orang-orang beragama lain, karena dianggap tidak masuk akal
Ø  ‘Membalas kebaikan dengan kejahatan adalah seperti setan; membalas kebaikan dengan kebaikan adalah manusiawi; membalas kejahatan dengan kebaikan adalah ilahi’
Ø  Ini adalah perintah yang paling mulia / luhur yang pernah diberikan kepada manusia: agama yang salah / palsu tidak berani memberikan perintah seperti ini, karena, tanpa pengaruh supranatural, itu pasti tidak akan bisa dipraktekkan untuk selama-lamanya
Ø  Kekristenan kita dibuktikan oleh adanya sesuatu yang khusus / spesial dalam hidup kita yaitu Mengasihi musuhmu.

Ayat 48.
48. Karena itu haruslah kamu sempurna, sama seperti Bapamu yang di sorga adalah sempurna."
48.   Therefore you shall be perfect, just as your Father in heaven is perfect.
48. ἔσεσθε  οὖν  ὑμεῖς  τέλειοι  ὡς    πατὴρ  ὑμῶν    οὐράνιος  τέλειος  ἐστιν. 
48. esesthe  oun  umeis  teleioi  ōs  o  patēr  umōn  o  ouranios  teleios  estin. 

SEMPURNA adalah TELEIOS. Artinya :
v  Binatang yang tanpa cacat dan cela.
v  Orang yang telah mencapai kedewasaan penuh.
v  Mahasiswa yang telah mencapai taraf pengetahuan yang matang mengenai pokok yang diminati.

Jadi menurut orang Yunani : KESEMPURNAAN adalah ke –BERFUNGSI- a.
Teleios = Manusia sempurna kalau ia mengetahui dan sepenuhnya berfungsi dengan tujuan penciptaan dan penempatan di dunia.

Contoh : Kejadiam 1:26

Sifat Allah KEBAJIKAN, KEHENDAK BAIK yang tak kenal batas dan terus menerus mengusahakan yang terbaik bagi manusia.

Nah apabila manusia melakukan seperti sifat Allah itu, orang yang demikian itu disebut TELEIOS = SEMPURNA.

Bekasi, 15 Agustus 2013

Karyadim642.blogspot.com.

Matius 5:43-48. KASIHILAH MUSUHMU.
43     "You have heard that it was said, 'You shall love your neighbor and hate your enemy.'
44     But I say to you, love your enemies, bless those who curse you, do good to those who hate you, and pray for those who spitefully use you and persecute you,
45     that you may be sons of your Father in heaven; for He makes His sun rise on the evil and on the good, and sends rain on the just and on the unjust.
46     For if you love those who love you, what reward have you? Do not even the tax collectors do the same?
47     And if you greet your brethren only, what do you do more than others? Do not even the tax collectors do so?
48     Therefore you shall be perfect, just as your Father in heaven is perfect.

to love our enemies; and to labor after perfection.
43 ēkousate  oti  errethē  agapēseis  ton  plēsion  sou  kai  misēseis  ton  echthron sou.  
44 egō  de  legō  umin  agapate  tous  echthrous  umōn  kai  proseuchesthe  uper tōn  diōkontōn  umas,  
45 opōs  genēsthe  uioi  tou  patros  umōn  tou  en  ouranois,  oti ton  ēlion  autou  anatellei  epi  ponērous  kai  agathous  kai  brechei  epi  dikaious  kai adikous.  
46 ean  gar  agapēsēte  tous  agapōntas  umas,  tina  misthon  echete;  ouchi kai  oi  telōnai  to  auto  poiousin;  
47 kai  ean  aspasēsthe  tous  adelphous  umōn monon,  ti  perisson  poieite;  ouchi  kai  oi  ethnikoi  to  auto  poiousin; 

48 esesthe  oun  umeis  teleioi  ōs  o  patēr  umōn  o  ouranios  teleios  estin. 

HUKUM PEMBALASAN, Matius 5:38-42


Matius 5:38-42, Go the Second Mile
38     "You have heard that it was said, 'An eye for an eye and a tooth for a tooth.
39     But I tell you not to resist an evil person. But whoever slaps you on your right cheek, turn the other to him also.
40     If anyone wants to sue you and take away your tunic, let him have your cloak also.
41      And whoever compels you to go one mile, go with him two.
42     Give to him who asks you, and from him who wants to borrow from you do not turn away.

He exhorts to forgive wrong,
38   Ἠκούσατε  ὅτι  ἐρρέθη·  ὀφθαλμὸν  ἀντὶ  ὀφθαλμοῦ  καὶ  ὀδόντα  ἀντὶ  ὀδόντος.
39   ἐγὼ  δὲ  λέγω  ὑμῖν  μὴ  ἀντιστῆναι  τῷ  πονηρῷ·  ἀλλ’  ὅστις σε  ῥαπίζει  εἰς  τὴν δεξιὰν  σιαγόνα  σου,  στρέψον  αὐτῷ  καὶ  τὴν  ἄλλην·
40   καὶ  τῷ  θέλοντι  σοι κριθῆναι  καὶ  τὸν χιτῶνα  σου  λαβεῖν  ἄφες  αὐτῷ  καὶ  τὸ  ἱμάτιον·
41   καὶ  ὅστις  σε ἀγγαρεύσει  μίλιον  ἓν  ὕπαγε  μετ’  αὐτοῦ  δύο.
42   τῷ  αἰτοῦντι  σε  δός  καὶ  τὸν θέλοντα  ἀπὸ  σοῦ  δανίσασθαι  μὴ  ἀποστραφῆς.

HUKUM YANG TERTUA DIDUNIA INI.
Lex Talionis Yaitu Hukum Pembalasan (Mata ganti Mata, Gigi ganti Gigi) adadi Kitab Hukum HAMMURABI, Raja Babil tahun 2285-2243 SM.

Tetapi ada perbedaan antara orang Ningrat dengan orang kebanyakan.
§  Sesama ningrat berlaku Hukum (gigi ganti gigi)
§  Ningrat dengan orang miskin berlaku hukum (hanya dibayar dengan uang yang telah ditentukan).
§  Orang miskin dan orang ningrat (gigi ganti gigi).
§  Orang Miskin dengan orang miskin (gigi ganti gigi)

Jadi isi pokok hukum yang terkandung didalamnya cukup jelas “KALAU ADA ORANG YANG MERUGIKAN ORANG LAIN, MAKA KERUGIAN YANG SAMA HARUS DI KENAKAN KEPADA ORANG TERSEBUT.

HUKUM LEX TALIONIS ternyata telah menjadi bagian penting dari Perjanjian Lama.
Contoh : Keluaran 21:23-25, Ulangan 19:21, Imamat 24:9-20.

Hukum ini di Perjanjian Lama seperti hukum yang kejam, tapi mari kita mempelajari beberapa hal :
1.     HUKUM LEX TALIONIS : sebbearnya adalah hukum PERMULAAN dari ANUGERAH.
Untuk membatasi pembalasan/balas dendam.
Pada zaman purba apabila ada satu anggota kelompok suku dilukai maka suku itu akan menyerang suku yang melukaiyang akibatnya banyak yang mati.
Jadi tujuannya jelas untuk membatasi Pembalasan yang akibatnya mengurangi penumpahan darah.

2.    Pribadi-pribadi tidak diberikan hak untuk menentukan sendiri pembalasannya.
Hakim yang menentukan dipengadilan. Contoh : Ulangan 19:18

3.    AHLI YAHUDI mengubahnya menjadi seperti yang ada didalam DOCUMENT hukum Yahudi yaitu : “BABA KAMMA”
Kalau ada orang yang mencelakai orang lain, maka ia harus bertanggung jawab atas 5 (lima) hal :
a.    Luka
b.    Rasa Sakit.
c.    Penyembuhannya.
d.    Waktu yang hilang.
e.    Kehormatan si penderita.

4.    HUKUM LEX TALIONIS ini hanyalah bagian terkecil dari seluruh ETIKA Perjanjian Lama. Karena di Perjanjian Lama banyak sekali tentang ANUGERAH dan KEMURAHAN.
Contoh : Imamat 19:18; Amsal 25:21, Amsal 24:19, Ratapan 3:30.

TETAPI YESUS MENGHAPUSKAN DASAR UTAMA dari HUKUM LEX TALIONIS = HUKUM PEMBALASAN.

Hukum ini tidak mempunyai tempat di dalam hidup KRISTIANI.
1.     Ayat 19 menampar pipi kiri beri pipi Kanan.
Menurut hukum Rabinis menampar dengan bagian belakang tangan itu penghinaan dua kali.
Tapi Yesus mengajar tidak boleh balas atau mendendam.

2.    Ayat 40 mengingini bajumu serahkan jubahmu.
Di Israel tidak semua orang yang mempunyai jubah, kalau pakaian, orang yang paling miskinpun punya pakaian lebih dari satu.
Dan Jubah dipakai hanya untuk siang hari (mencegah sengatan Matahari) dan malam hari dari udara dingin. Keluaran 22:26-27.
Jadi jubah adalah hak setiap orang, yang harus selalu ada padanya dan tidak bolehdiambil oleh orang lain.
Tetapi Yesus mengatakan orang Kristen tidak boleh :
Ø  Mengandalkan Haknya.
Ø  Memperdebatkan hak-hak hukumnya.
Ø  Tetapi yang dipikirkannya adalah tugasnya.

ORANG KRISTEN SEJATI HARUSLAH TERUS BELAJAR MENJADI ORANG YANG SEOLAH-OLAH TIDAK MEMPUNYAI HAK HUKUM.

3.    Ayat 41 dipaksa berjalan 1 mil.
AGGAREUEIN = Memaksa.
Asal kata AGGAREUS = Utusan/Kurir.

Kata ini dipakai untuk setiap bentuk pemaksaan terhadap penduduk jajahan.
Contoh : Simon dari Kirene dipaksa mengangkat Salib Yesus.

KALAU ENGKAU DIBERI TUGAS , MESKIPUN TUGAS ITU KAU BENCI  DAN TAK MASUK AKAL, JANGANLAH MELAKUKANNYA SEBAGAI TUGAS JAHAT DAN MENIMBULKAN RASA DENDAM DALAM DIRIMU; KERJAKANLAH TUGAS ITU SEBAGAI PELAYANAN DENGAN KEGEMBIRAAN.

4.    Ayat 42 MEMBERI DAN MEMINJAM.
Perintah Allah yang mulia Ulangan 15:7-11.
5 (lima) pokok/dasar soal memberi untuk orang Yahudi.
v  Pemberian tidak boleh di tolak.
v  Pemberian harus cocok dengan orang yang menerimanya.
v  Memberi haruslah dilakukan secara pribadi dan rahasia atau diam-diam.
v  Cara memberi haruslah juga sesuai dengan keadaan, sifat dan suasana jiwa orang yang menerima.
v  Memberi adalah suatu kehormatan dan sekaligus kewajiban, sebab semua pemberiaan sebenarnya adalah pemberian kepada Allah.

LEBIH BAIK MEMBERI ORANG YANG PURA-PURA MENGEMIS KETIMBANG MNGHINDARKAN DIRI DARI MEMBERIKAN SESUATU KEPADA ORANG YANG MEMANG BENAR-BENAR MEMBUTUHKAN.

Bekasi, 13 Agustus 2013

Karyadim642.blogspot.com

Matius 5:38-42, Mata ganti mata, Gigi ganti gigi
5:38 Kamu telah mendengar firman: Mata ganti mata dan gigi ganti gigi.
5:39 Tetapi Aku berkata kepadamu: Janganlah kamu melawan orang yang berbuat jahat kepadamu, melainkan siapapun yang menampar pipi kananmu, berilah juga kepadanya pipi kirimu.
5:40 Dan kepada orang yang hendak mengadukan engkau karena mengingini bajumu, serahkanlah juga jubahmu.
5:41 Dan siapapun yang memaksa engkau berjalan sejauh satu mil, berjalanlah bersama dia sejauh dua mil.
5:42 Berilah kepada orang yang meminta kepadamu dan janganlah menolak orang yang mau meminjam dari padamu.

He exhorts to forgive wrong,

38 ēkousate  oti  errethē·  ophthalmon  anti  ophthalmou  kai  odonta  anti  odontos. 
39 egō  de  legō  umin    antistēnai    ponērō·  all  ostis  se  rapizei  eis  tēn  dexian siagona  sou,  strepson  autō  kai  tēn  allēn·
40 kai    thelonti  soi  krithēnai  kai  ton chitōna  sou  labein  aphes  autō  kai  to  imation·
41 kai  ostis  se  angareusei  milion  en upage  met  autou  duo.

42   aitounti  se dos kai  ton  thelonta  apo  sou  danisasthai   apostraphēs. 

KALIMAT PENDEK

INJIL LUKAS 11

RHEMA HARI INI

BERSELANCAR DALAM KEBENARAN (MATIUS)