indram642.blogspot.co.id - gbiwarakas.blogspot.co.id |
Matius 10:5-8, Sending Out the Twelve
5 Kedua belas murid itu diutus oleh Yesus dan Ia
berpesan kepada mereka: "Janganlah kamu menyimpang ke jalan bangsa lain
atau masuk ke dalam kota orang Samaria,
6 melainkan pergilah kepada domba-domba yang
hilang dari umat Israel.
7 Pergilah dan beritakanlah: Kerajaan Sorga sudah
dekat.
8 Sembuhkanlah orang sakit; bangkitkanlah orang
mati; tahirkanlah orang kusta; usirlah setan-setan. Kamu telah memperolehnya
dengan cuma-cuma, karena itu berikanlah pula dengan cuma-cuma.
5 These twelve Jesus sent out and commanded
them, saying: "Do not go into the way of the Gentiles, and do not enter a
city of the Samaritans.
6 But go rather to the lost sheep of the house
of Israel.
7 And as you go, preach, saying, 'The kingdom of
heaven is at hand.'
8 Heal the sick, cleanse the lepers, raise the
dead, cast out demons. Freely you have received, freely give.
Arti dari PARAGELLEIN
adalah BERPESAN.
Ada 4 macam penggunaan kata Paragellein :
1.
Kata yang biasa dipakai didalam
ketentaraan.
Memberi perintah, Komando.
2.
Kata untuk memanggil teman untuk
meminta pertolongan.
Yesus minta tolong untuk murid-muridnya mewujudkan cita-citanya.
3.
Kata untuk seorang guru yang
memberikan aturan-aturan dan petunjuk-petunjuk kepada para muridnya.
4.
Kata yang dipakai dalam hubungan
dengan perintah kerajaan.
TUJUAN PELAYANAN (AY 5-6).
Ø
Bukan bangsa lain (Gentiles / non Yahudi).
Ø
Bukan orang Samaria (untuk tahu latar belakang orang Samaria, baca 2
Raja-raja 17).
Ø
Hanya kepada domba yang hilang dari Israel (Matius 15:24 Roma 15:8).
Perintah yang sulit dan membingungkan, sebab itu
ayat ini jelas menjadi banyak interpretasi:
-
Ada yang merasa ini bukan perintah
Yesus.
-
Dicurigai kalimat ini adalah buatan
orang Yahudi sendiri yang ingin agar Injil hanya bagi orang Yahudi.
Pembatasan ini jelas hanya bersifat sementara karena dalam Matius
28:19 dan Kisah Para Rasul 1:8 jelas Yesus menghendaki murid-murid-Nya
melakukan Pemberitaan Injil kepada semua bangsa dan Tuhan Yesus sendiri
memberitakan dirinya :
-
Kepada Wanita Samaria. Yohanes 4:4-42.
-
Orang Samaria yang baik hati. Lukas 10-30-37
-
Menyembuhkan anak seorang perempuan Tirus. Matius
15;21-28.
Tetapi yang harus diketahui Yesus dan murid-murid
saat itu ada di daerah Galilea. Larangan untuk tidak memberitakan kabar baik ke
bangsa lain karena untuk membatasi wilayah
pelayanan awal murid-murid jangann sampai terlalu jauh, ke Utara daerah
Siria, Ketimur daerah Dekapolis dan keSelatan daerah Samaria.
Dan untuk pelarang itu ada alasannya sebagai berikut :
a.
Didalam rencana Allah bangsa Israel mendapat
tempat yang khusus, dan menurut keadilan Allah merekalah yang terlebih dahulu
mendengar kabar Injil, sekalipun akhirnya menolak.
b.
Ke 12 (dua belas Rasul) belum dipersiapkan untuk
memberitakan injil ke Luar Negeri
Tetapi,
bagaimanapun Paulus sendiri memberitakan Injil kepada orang-orang Yahudi dulu,
dan setelah ditolak, barulah ia memberitakan Injil kepada orang-orang non
Yahudi (Kisah 12:46; Kisah 28:17-29).
Alasan utama dari perintah ini adalah ;
Komandan yang bijak akan membatasi sasaran supaya
serangan itu efektif. (sesuaikan dengan prajuritnya, dan daerah serangan).
Galilea adalah daerah yang terbuka dan tidak
terlalu luas.
Israel adalah bangsa pilihan dan Mesias
dijanjikan kepada mereka. Jadi adalah sesuatu yang tepat kalau Injil lebih
dahulu diberitakan kepada mereka.
Murid
harus Berkata dan Bertindak :
1.
Memproklamirkan Kerajaan Sorga. (lihat Matius 6:10-11)
Kerajaan Allah adalah suatu persekutuan masyarakat di bumi ini,
dimana kehendak Allah diberlakukan secara sempurna seperti disurga.
Yesuslah satu-satunya pribadi yang secara sempurna melakukan
mentaati dan memenuhi kehendak Allah. Oleh karena itu di dalam Yesus kerajaan Allah telah datang.
2. Menyembuhkan orang sakit.
Kata Yunani orang sakit ἀσθενοῦντας (asthenountas) kata sifatnya adalah
asthenes. Dan Yesus datang kedalam dunia untuk menyembuhkan orang-orang yang
menderita sakit.
3.
Membangkitkan orang mati.
Orang yang mati di dalam dosa, Jiwa yang Mati, Pengharapan yang
mati, Keinginan dan lain-lain.
Buta akan kebaikan dan tuli akan suara Tuhan. Inilah kematian
yang harus dibangkitkan.
4.
Mentahirkan orang Kusta. (Najis)
Imamat 13:46; 2 Raja-raja 7:3-4; 2 Raja 15:5.
Karena dosa manusia menjadi najis (pikiran, hati dan tubuhnya)
dihadapan Tuhan dan tercemar/mencemarkan kepada sesama manusia, dan Yesus
sanggup mentahirkan kenajisan dan kekotoran hidup kita.
5.
Mengusir Setan-setan.
Karena manusia yang dirasuk atau
dikuasai setan dari Cengkeraman Kuasa Jahat. Dia tidak lagi tuan atas dirinya
dan tindakan-tindakannya sendiri, kuasa jahatlah yang menjadi tuan dan
menguasainya.
Yesus sanggup menghancurkan kuasa si Jahat.
Giving
them their charge, teaches them
5 Τούτους
τοὺς δώδεκα ἀπέστειλεν ὁ Ἰησοῦς παραγγείλας
αὐτοῖς λέγων·
εἰς ὁδὸν ἐθνῶν μὴ ἀπέλθητε καὶ εἰς πόλιν
Σαμαρειτῶν μὴ εἰσέλθητε·
6 πορεύεσθε
δὲ μᾶλλον πρὸς τὰ πρόβατα
τὰ ἀπολωλότα οἴκου Ἰσραήλ.
7 πορευόμενοι
δὲ
κηρύσσετε λέγοντες ὅτι ἤγγικεν ἡ βασιλεία
τῶν οὐρανῶν.
8 ἀσθενοῦντας θεραπεύετε,
νεκροὺς ἐγείρετε, λεπροὺς καθαρίζετε,
δαιμόνια ἐκβάλλετε· δωρεὰν ἐλάβετε, δωρεὰν δότε.
5 Toutous tous
dōdeka apesteilen o
iēsous parangeilas autois
legōn· eis odon
ethnōn mē apelthēte
kai eis polin
samareitōn mē eiselthēte·
6 Poreuesthe de
mallon pros ta probata ta
apolōlota oikou israēl.
7 Poreuomenoi de
kērussete legontes oti
ēngiken ē basileia
tōn ouranōn.
8 Asthenountas therapeuete,
nekrous egeirete, leprous
katharizete, daimonia ekballete·
dōrean elabete, dōrean
dote.