1 |
Matius 19:23-26, BAHAYA
HARTA KEKAYAAN
23 Yesus
berkata kepada murid-murid-Nya: "Aku berkata kepadamu, sesungguhnya sukar
sekali bagi seorang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.
24 Sekali
lagi Aku berkata kepadamu, lebih mudah seekor unta masuk melalui lobang jarum dari
pada seorang kaya masuk ke dalam Kerajaan Allah."
25 Ketika
murid-murid mendengar itu, sangat gemparlah mereka dan berkata: "Jika
demikian, siapakah yang dapat diselamatkan?"
26 Yesus
memandang mereka dan berkata: "Bagi manusia hal ini tidak mungkin, tetapi
bagi Allah segala sesuatu mungkin."
23 And Jesus said to His disciples, "Truly I
say to you, it is hard for a rich man to enter the kingdom of heaven.
24 "Again I say to you, it is easier for a
camel to go through the eye of a needle, than for a rich man to enter the
kingdom of God."
25 When the disciples heard this, they were very
astonished and said, "Then who can be saved?"
26 And looking at them Jesus said to them,
"With people this is impossible, but with God all things are
possible."
Dari Perikop sebelumnya bagaimana Pemimpin Muda yang Kaya itu
menunjukan betapa berbahayanya HARTA KEKAYAAN, dimana anak muda yang kaya ini
menolak mengikuti Yesus karena hartanya yang banyak itu.
Dari sinilah Yesus menegaskan kepada murid-muridnya betapa
“sukarnya bagi orang kaya untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga.”
Untuk itu Yesus menggambarkan tentang sukarnya orang kaya
masuk kerajaan surga dengan membandingkan seekor unta yang masuk/melewati
lubang jarum.
Dimanakah letak kesukaran untuk orang kaya masuk Kerajaan
surga :
a.
Kekayaan memberi kemerdekaan semu.
Orang
yang kaya dengan harta dunia, ia cenderung berpikir bahwa ia dapat
menyelesaikan setiap persoalan yang timbul.
Contoh di
Alkitab adalah di Kitab Wahyu, bagaimana Jemaat di Laodekia berkata,”Aku kaya
dan aku telah memperkayakan diriku dan aku tidak kekurangan apa-apa.” (Wahyu
3:17)
b. Kekayaan membelenggu orang pada dunia ini.
Yesus berkata, “dimana hartamu
berada, disitu juga hatimu berada”.(Matius 6:21).
Apabila segala sesuatu yang
diinginkan orang terdapat dalam dunia ini, apabila semua minatnya ada di dunia,
maka ia tidak akan pernah berpikir lagi tentang dunia yang lain dan kehidupan
di seberang sana.
Apabila orang mempunyai terlalu
banyak harta di dunia, maka ia akan cenderung melupakan apa yang ada di surga. Yang harus dimengerti adalah hal-hal yang
kelihatan adalah sementara, tetapi hal-hal yang tak kelihatan adalah kekal.
c. Kekayaan cenderung
membuat orang mementingkan diri sendiri.
”Cukup itu selalu sedikit lebih
banyak daripada yang dimiliki orang.” Sekali orang telah mempunyai kesenagan
dan kemewahan, ia selalu cenderung takut kalau suatu hari kelak ia akan
kehilangan itu semua.
Bahaya kekayaan ialah cenderung
membuat orang lupa bahwa ia akan kehilangan apa yang ia pertahankan dan ia akan
memperoleh apa yang ia berikan.
Yang harus dimengerti Tuhan Yesus tidak berkata bahwa seorang
yang kaya “mustahil” masuk ke dalam Kerajaan Surga. Contoh : Zakheus pemungut
cukai ketemu Yesus diselamatkan, Yusuf dari Arimatea. (Matius 27:57). Nikodemus
(Yohanes 19:39). Adalah orang-orang yang kaya.
Jadi, tidak semua orang kaya tidak diizinkan masuk Kerajaan
Surga. Kekayaan itu bukanlah dosa, melainkan kekayaan itu bahaya.
Sekalipun bagian ini berkata bahwa orang kaya sukar masuk
surga, kita tidak boleh menarik kesimpulan bahwa orang miskin akan masuk surga
secara otomatis. Kalau saudara tidak percaya kepada Yesus Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat saudara, maka saudara akan masuk neraka, baik saudara
kaya maupun saudara miskin!
Enter into the kingdom of God
23 Ὁ δὲ Ἰησοῦς εἶπεν τοῖς μαθηταῖς αὐτοῦ Ἀμὴν λέγω ὑμῖν ὅτι πλούσιος
δυσκόλως εἰσελεύσεται εἰς τὴν
βασιλείαν τῶν οὐρανῶν.
24 πάλιν δὲ λέγω ὑμῖν, εὐκοπώτερόν ἐστιν κάμηλον
διὰ
τρυπήματος* ῥαφίδος εἰσελθεῖν ἢ πλούσιον
[εἰσελθεῖν] εἰς τὴν βασιλείαν
τοῦ Θεοῦ.
25 ἀκούσαντες δὲ οἱ μαθηταὶ ἐξεπλήσσοντο
σφόδρα λέγοντες Τίς ἄρα δύναται σωθῆναι;
26 ἐμβλέψας δὲ ὁ Ἰησοῦς εἶπεν αὐτοῖς Παρὰ ἀνθρώποις τοῦτο ἀδύνατόν ἐστιν, παρὰ δὲ Θεῷ πάντα δυνατά.
23 o de iēsous eipen
tois mathētais autou·
amēn legō umin
oti plousios duskolōs
eiseleusetai eis tēn
basileian tōn ouranōn.
24 palin de
legō umin, eukopōteron
estin kamēlon dia
trēmatos raphidos eiselthein
ē plousion eis
tēn basileian tou
theou.
25 akousantes de
oi mathētai exeplēssonto
sphodra legontes· tis
ara dunatai sōthēnai;
26 emblepsas de
o iēsous eipen
autois· para anthrōpois
touto adunaton estin,
para de theō
panta dunata.