Matthew 3:7-12
7 But
when he saw many of the Pharisees and Sadducees coming to his baptism, he said
to them, "Brood of vipers! Who warned you to flee from the wrath to come?
8 Therefore
bear fruits worthy of repentance,
9 and
do not think to say to yourselves, 'We have Abraham as our father.' For I say to you that God is
able to raise up children to Abraham from these stones.
10 And even now the ax
is laid to the root of the trees. Therefore every tree which does not bear good
fruit is cut down and thrown into the fire.
11 I
indeed baptize you with water unto repentance, but He who is coming after me is
mightier than I, whose sandals I am not worthy to carry. He will baptize you
with the Holy Spirit and fire.
12 His
winnowing fan is in His hand, and He will thoroughly
clean out His threshing floor, and gather His wheat into the barn; but He will
burn up the chaff with unquenchable fire."
BERITA ANCAMAN DAN JANJI
I. ORANG FARISI DAN
SADUKI di contoh denggan dua gambaran (sebagai ular beludak)
1.
Padang gurun.
-
Ada rumput-rumput
kering
-
Ada semak-semak
kering karena suit air.
-
Kadang terjadi
kebakaran.
-
Ular dan binatang
yang ada disitu berlarian menyelamatkan diri.
2.
Padang Belantara
(ditanami)
-
Ditumbuhi gandum,
disitu akan banyak binatang (tikus, burung, kelinci)
-
Penuai datang dan
menyabit gandum, binatang-binatang itu melarikan diri.
II. Kepercayaan Yahudi
mereka menerima BERKAT KETURUNAN ABRAHAM:
-
Tidak melakukan
apa-apapun diberkati.
-
Semua orang Israel
mendapat bagian.
-
Berkat yang ada
karena jasa nenek moyang.
-
Abraham akan duduk
di depan pintu Neraka dan mengembalikan setiap orang israel.
-
Kapal-kapal dilaut
lepas berlayar dengan selamat.
-
Musa bertemu dengan
Allah dan menerima TAURAT.
III. Inilah yang di cela
oleh Yohanes.
-
Tidak karena
kebesaran rohani tokoh-tokoh masa lampau.
-
Penjaga kebun
anggur.:
+ Tidak berbuah pohon Ara di potong.
+ Hanya mengotori Kebun dan Ladang.
+ Yang tidak berbuah tidak berguna.
YOHANES.
-
Menunjuk orang
lain.
-
Ia memperoleh nama
-
Ia merendahkan
diri.
IV. ROH dan API.
1.
ROH.
Yehezkiel 36:26-27, Yoel 2:28 (puncak pencurahan Roh); 37:14;
39:29; 44:3. Orang Yahudi menantikan Roh itu.
Konteks Roh Kudus
yang Yohanes katakan adalah Konteks Pemikiran dan ajaran Yahudi tentang Roh :
a.
RUAKH = Roh, Yunani
= Pneuma
Nafas/kehidupan.
Datangnya Roh adalah datangnya KEHIDUPAN
b.
RUAKH = ANGIN
(berarti kekuatan)
Elia mendengar suara angin (Roh adalah kekuatan).
-
Angin bisa
pembersihan.
-
Melempar Gandum ke
udara (gandum turun cangkangnya terbang)
c.
Roh Allah = Karya
Penciptaan
Merubah yang tidak baik menjadi baik. 2 Korintus 5:17
d.
Fungsi Roh menurut
orang Yahudi.
-
Roh Allah membawa
kebenaran kepada manusia.
-
Roh memungkin
manusia mengenal kebenaran.
2.
A P I
a.
Penerangan (pembimbing)
Lampu Penerang
didarat/laut/udara.
b. KEHANGATAN, (membawa
kehangatan)
c.
PEMBERSIHAN/PENYUCIAN/PENGHANCURAN/PEMURNIAN.
Menjadi SIFAT dan
SIKAP yang baru.
Matius 3:7-12
7 Tetapi waktu ia
melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah
ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang
mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan
datang?
8 Jadi hasilkanlah
buah yang sesuai dengan pertobatan.
9 Dan janganlah
mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami!
Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari
batu-batu ini!
10 Kapak
sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah
yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
11 Aku membaptis
kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari
padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia
akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
12 Alat
penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan
mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan
dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
7 ἰδὼν
δὲ πολλοὺς τῶν
Φαρισαίων καὶ Σαδδουκαίων
ἐρχομένους ἐπὶ τὸ
βάπτισμα εἶπεν αὐτοῖς·
γεννήματα ἐχιδνῶν, τὶς ὑπέδειξεν ὑμῖν
φυγεῖν ἀπὸ τῆς
μελλούσης ὀργῆς;
8 ποιήσατε
οὖν καρπὸν ἄξιον
τῆς μετανοίας
9 καὶ μὴ δόξητε
λέγειν ἐν ἑαυτοῖς
πατέρα ἔχομεν τὸν Ἀβραάμ. λέγω γὰρ ὑμῖν ὅτι δύναται
ὁ θεὸς ἐκ τῶν λίθων
τούτων ἐγεῖραι τέκνα
τῷ Ἀβραάμ.
10 ἤδη δὲ ἡ ἀξίνη πρὸς τὴν ῥίζαν
τῶν δένδρων κεῖται·
πᾶν οὖν δένδρον
μὴ ποιοῦν καρπὸν
καλὸν ἐκκόπτεται καὶ εἰς πῦρ
βάλλεται.
11 Ἐγὼ μὲν ὑμᾶς
βαπτίζω ἐν ὕδατι
εἰς μετάνοιαν, ὁ δὲ ὀπίσω
μου ἐρχόμενος ἰσχυρότερος
μού ἐστιν, οὗ οὐκ εἰμι ἱκανὸς τὰ ὑποδήματα βαστάσαι·
αὐτὸς ὑμᾶς βαπτίζω
ἐν πνεύματι ἁγίῳ
καὶ πυρί·
12 οὗ τὸ πτύον ἐν τῇ
χειρὶ αὐτοῦ καὶ
διακαθαριεῖ τὴν ἅλωνα
αὐτοῦ καὶ συνάξει
τὸν σῖτον αὐτοῦ
εἰς τὴν ἀποθήκην
τὸ δὲ ἄχυρον
κατακαύσει πυρὶ ἀσβέστῳ.
7 idōn de
pollous tōn pharisaiōn
kai saddoukaiōn erchomenous
epi to baptisma
eipen autois· gennēmata
echidnōn, tis upedeixen
umin phugein apo
tēs mellousēs orgēs;
8 poiēsate oun
karpon axion tēs
metanoias
9 kai mē
doxēte legein en
eautois patera echomen
ton abraam. legō
gar umin oti
dunatai o theos
ek tōn lithōn
toutōn egeirai tekna
tō abraam.
10 ēdē de ē
axinē pros tēn
rizan tōn dendrōn
keitai· pan oun
dendron mē poioun
karpon kalon ekkoptetai
kai eis pur
balletai.
11 egō men
umas baptizō en
udati eis metanoian,
o de opisō
mou erchomenos ischuroteros
mou estin, ou ouk eimi
ikanos ta upodēmata
bastasai· autos umas
baptisei en pneumati
agiō kai puri·
12 ou to ptuon
en tē cheiri
autou kai diakathariei
tēn alōna autou
kai sunaxei ton
siton autou eis tēn apothēkēn
to de achuron
katakausei puri asbestō.
Bekasi, 13 April 2013
indram642.blogspot.com