Matius 3:7-12, We have Abraham as our father/BERITA ANCAMAN DAN JANJI
Matthew 3:7-12
7   But
when he saw many of the Pharisees and Sadducees coming to his baptism, he said
to them, "Brood of vipers! Who warned you to flee from the wrath to come?
8   Therefore
bear fruits worthy of repentance,
9   and
do not think to say to yourselves, 'We have Abraham as our father.' For I say to you that God is
able to raise up children to Abraham from these stones.
10  And even now the ax
is laid to the root of the trees. Therefore every tree which does not bear good
fruit is cut down and thrown into the fire.
11  I
indeed baptize you with water unto repentance, but He who is coming after me is
mightier than I, whose sandals I am not worthy to carry. He will baptize you
with the Holy Spirit and fire.
12  His
winnowing fan is in His hand, and He will thoroughly
clean out His threshing floor, and gather His wheat into the barn; but He will
burn up the chaff with unquenchable fire."
BERITA ANCAMAN DAN JANJI
I.    ORANG FARISI DAN
SADUKI di contoh denggan dua gambaran (sebagai ular beludak)
         1.  
Padang gurun.
-         
Ada rumput-rumput
kering
-         
Ada semak-semak
kering karena suit air.
-         
Kadang terjadi
kebakaran.
-         
Ular dan binatang
yang ada disitu berlarian menyelamatkan diri.
        2. 
Padang Belantara
(ditanami)
-         
Ditumbuhi gandum,
disitu akan banyak binatang (tikus, burung, kelinci)
-         
Penuai datang dan
menyabit gandum, binatang-binatang itu melarikan diri.
II. Kepercayaan Yahudi
mereka menerima BERKAT KETURUNAN ABRAHAM:
-         
Tidak melakukan
apa-apapun diberkati.
-         
Semua orang Israel
mendapat bagian.
-         
Berkat yang ada
karena jasa nenek moyang.
-         
Abraham akan duduk
di depan pintu Neraka dan mengembalikan setiap orang israel.
-         
Kapal-kapal dilaut
lepas berlayar dengan selamat.
-         
Musa bertemu dengan
Allah dan menerima TAURAT.
III.  Inilah yang di cela
oleh Yohanes.
-         
Tidak karena
kebesaran rohani tokoh-tokoh masa lampau.
-         
Penjaga kebun
anggur.:
+ Tidak berbuah pohon Ara di potong.
+ Hanya mengotori Kebun dan Ladang.
+ Yang tidak berbuah tidak berguna.
YOHANES.
-         
Menunjuk orang
lain.
-         
Ia memperoleh nama
-         
Ia merendahkan
diri.
IV.  ROH dan API.
1.    
ROH.
Yehezkiel 36:26-27, Yoel 2:28 (puncak pencurahan Roh); 37:14;
39:29; 44:3. Orang Yahudi menantikan Roh itu.
Konteks Roh Kudus
yang Yohanes katakan adalah Konteks Pemikiran dan ajaran Yahudi tentang Roh :
a.   
RUAKH = Roh, Yunani
= Pneuma
Nafas/kehidupan.
Datangnya Roh adalah datangnya KEHIDUPAN
b.   
RUAKH = ANGIN
(berarti kekuatan)
Elia mendengar suara angin (Roh adalah kekuatan).
-         
Angin bisa
pembersihan.
-         
Melempar Gandum ke
udara (gandum turun cangkangnya terbang)
c.   
Roh Allah = Karya
Penciptaan
Merubah yang tidak baik menjadi baik. 2 Korintus 5:17
d.   
Fungsi Roh menurut
orang Yahudi.
-         
Roh Allah membawa
kebenaran kepada manusia.
-         
Roh memungkin
manusia mengenal kebenaran.
2.   
A P I
a.  
Penerangan (pembimbing)
Lampu Penerang
didarat/laut/udara.
b.  KEHANGATAN, (membawa
kehangatan)
c.  
PEMBERSIHAN/PENYUCIAN/PENGHANCURAN/PEMURNIAN.
Menjadi SIFAT dan
SIKAP yang baru.
Matius 3:7-12
7   Tetapi waktu ia
melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah
ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang
mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan
datang?
8   Jadi hasilkanlah
buah yang sesuai dengan pertobatan.
9   Dan janganlah
mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami!
Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari
batu-batu ini!
10 Kapak
sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah
yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
11  Aku membaptis
kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari
padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia
akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
12 Alat
penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan
mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan
dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."
7   ἰδὼν 
δὲ  πολλοὺς  τῶν 
Φαρισαίων  καὶ  Σαδδουκαίων 
ἐρχομένους  ἐπὶ  τὸ 
βάπτισμα  εἶπεν  αὐτοῖς· 
γεννήματα  ἐχιδνῶν,  τὶς  ὑπέδειξεν  ὑμῖν 
φυγεῖν  ἀπὸ  τῆς 
μελλούσης  ὀργῆς;  
8   ποιήσατε 
οὖν  καρπὸν  ἄξιον 
τῆς  μετανοίας  
9   καὶ  μὴ  δόξητε 
λέγειν  ἐν  ἑαυτοῖς 
πατέρα  ἔχομεν  τὸν  Ἀβραάμ.  λέγω  γὰρ  ὑμῖν  ὅτι  δύναται 
ὁ  θεὸς  ἐκ  τῶν  λίθων 
τούτων  ἐγεῖραι  τέκνα 
τῷ  Ἀβραάμ.  
10   ἤδη  δὲ  ἡ  ἀξίνη  πρὸς  τὴν  ῥίζαν 
τῶν  δένδρων  κεῖται· 
πᾶν  οὖν  δένδρον 
μὴ  ποιοῦν  καρπὸν 
καλὸν  ἐκκόπτεται  καὶ  εἰς  πῦρ 
βάλλεται. 
11   Ἐγὼ  μὲν  ὑμᾶς 
βαπτίζω  ἐν  ὕδατι 
εἰς  μετάνοιαν,  ὁ  δὲ  ὀπίσω 
μου  ἐρχόμενος  ἰσχυρότερος 
μού  ἐστιν,  οὗ  οὐκ  εἰμι  ἱκανὸς  τὰ  ὑποδήματα  βαστάσαι· 
αὐτὸς  ὑμᾶς  βαπτίζω 
ἐν  πνεύματι  ἁγίῳ 
καὶ  πυρί·  
12   οὗ  τὸ  πτύον  ἐν  τῇ 
χειρὶ  αὐτοῦ  καὶ 
διακαθαριεῖ  τὴν  ἅλωνα 
αὐτοῦ  καὶ  συνάξει 
τὸν  σῖτον  αὐτοῦ 
εἰς  τὴν  ἀποθήκην 
τὸ  δὲ  ἄχυρον 
κατακαύσει  πυρὶ  ἀσβέστῳ.
7   idōn  de 
pollous  tōn  pharisaiōn 
kai  saddoukaiōn  erchomenous 
epi  to  baptisma 
eipen  autois·  gennēmata 
echidnōn,  tis  upedeixen 
umin  phugein  apo 
tēs  mellousēs  orgēs; 
8   poiēsate  oun 
karpon  axion  tēs 
metanoias  
9   kai  mē 
doxēte  legein  en 
eautois  patera  echomen 
ton  abraam.  legō 
gar  umin  oti 
dunatai  o  theos 
ek  tōn  lithōn 
toutōn  egeirai  tekna 
tō  abraam.
10 ēdē  de  ē 
axinē  pros  tēn 
rizan  tōn  dendrōn 
keitai·  pan  oun 
dendron  mē  poioun 
karpon  kalon  ekkoptetai 
kai  eis  pur 
balletai. 
11  egō  men 
umas  baptizō  en 
udati  eis  metanoian, 
o  de  opisō 
mou  erchomenos  ischuroteros 
mou  estin,  ou  ouk  eimi 
ikanos  ta  upodēmata 
bastasai·  autos  umas 
baptisei  en  pneumati 
agiō  kai  puri·  
12 ou  to  ptuon 
en  tē  cheiri 
autou  kai  diakathariei 
tēn  alōna  autou 
kai  sunaxei  ton 
siton  autou  eis  tēn  apothēkēn 
to  de  achuron 
katakausei  puri  asbestō.
Bekasi,  13 April 2013
indram642.blogspot.com

No comments:
Post a Comment