Friday, July 2, 2021

ROMA 1 - PAULUS INGIN KE ROMA



Adalah blog yang menulis hal-hal seputar ALKITAB (FIRMAN TUHAN YANG HIDUP)
“ Paulus” Kebanyakan orang Yahudi di zaman Paulus memiliki dua nama depan, satu nama Yahudi, dan satu nama Romawi (lih Kis 13:9) Nama Yahudi Paulus adalah Saul. Ia, sebagaimana Raja Israel kuno, berasal dari suku Benyamin (lih. Roma 11:1; Filipi 3:4). Nama Romawinya dalam format bahasa Yunani, Paulus (Paulos), berarti “kecil”. Ini menunjukkan : 1. Postur fisik tubuhnya yang dalam suatu buku non kanonik dari abad kedua, Kisah Paulus, di dalam pasal tentang Tesalonika, disindir dan disebut sebagai “Paulus dan Thekla”. 2. Perasaan pribadinya sebagai yang terkecil dari golongan orang kudus karena ia pada mulanya menganiaya Gereja (bandingkan I Korintus 15:9; Efesus 3:8; I Timotius 1:15) 3. Memang nama pemberian orang tuanya. (rasanya ini yang paling tepat) ‰ “Yesus” Nama Yesus dalam bahasa Aram sama dengan namaNya dalah bahasa Ibrani yaitu Yoshua. Nama ini adalah gabungan dari dua kata Ibrani “YHWH” dan “keselamatan”. Nama ini bisa berarti “YHWH menyelamatkan”, atau “YHWH melepaskan” atau “YHWH adalah keselamatan”. Pernyataan dari arti ini dapat dilihat dalam Matius 1:21,25. ‰ “Kristus” Ini adalah terjemahan Yunani dari istilah Ibrani messiah yang berarti “yang diurapi”. Dalam PL beberapa kelompok pemimpin (nabi-nabi, imam-imam, dan raja-raja) diurapi sebagai tanda pemilihan dan pembekalan dari Tuhan. Yesus menggenapi keseluruhan tiga jabatan yang diurapi tersebut (Ibrani 1:2-3). PL memprakirakan bahwa Allah akan mengirimkan seorang khusus yang diurapi untuk mengantarkan kedalam Era Baru dari kebenaran. Yesus adalah “hamba”, “anak”, dan “Mesias” khususNya. ‰ “Tuhan” Dalam Yudaisme nama Perjanjian Allah, YHWH, menjadi sedemikian kudusnya, hingga para rabi menggantikan nama itu dengan “Tuhan” (Adon) ketika membaca Kitab Suci karena mereka takut jangan sampai mereka menyebut nama Allah dengan sia-sia (lih Keluaran 20:7; Ulangan 5:11) dan dengan hal itu melanggar satu dari Sepuluh Perintah Allah. Ketika para penulis PB memanggil Yesus “Tuhan” (“Kurios”) dalam konteks teologis, mereka meneguhkan keTuhananNya (lih Kisah 2:36; Roma 10:9-13; Filipi 2:6-11).

No comments:

KALIMAT PENDEK

INJIL LUKAS 11

RHEMA HARI INI

BERSELANCAR DALAM KEBENARAN (MATIUS)