47 "Demikian pula hal
Kerajaan Sorga itu seumpama pukat yang dilabuhkan di laut, lalu mengumpulkan
berbagai-bagai jenis ikan.
48 Setelah penuh, pukat
itu pun diseret orang ke pantai, lalu duduklah mereka dan mengumpulkan ikan
yang baik ke dalam pasu dan ikan yang tidak baik mereka buang.
49 Demikianlah juga pada
akhir zaman: Malaikat-malaikat akan datang memisahkan orang jahat dari orang
benar,
50 lalu mencampakkan orang
jahat ke dalam dapur api; di sanalah akan terdapat ratapan dan kertakan gigi.
47 "Again, the kingdom of heaven is like a dragnet cast into the
sea, and gathering fish of every kind;
48 and when it was filled, they drew it up on the beach; and they sat
down and gathered the good fish into containers, but the bad they threw away.
49 "So it will be at the end of the age; the angels will come
forth and take out the wicked from among the righteous,
50 and will throw them into the furnace of fire; in that place there
will be weeping and gnashing of teeth.
Masuk ke dalam kerajaan Allah berarti berada di dalam jalur
menuju kehidupan. Kita mewujudkan
pemerintahan Allah di dalam hidup kita dengan menjadikan Allah sebagai raja
atas hidup kita – karena hanya itu jalan untuk memperoleh hidup kekal.
Ini adalah hal yang diajarkan oleh Yesus. Hanya mereka yang
hidup di bawah pemerintahan Allah dengan menjadikan Allah Raja atas mereka yang
akan menikmati hidup yang Dia berikan. Jika kita tidak hidup di bawah
pemerintahan Allah, kita tidak bisa berharap untuk ikut menikmati berkat-berkat
dari pemerintahan-Nya.
Sebagai contoh, jika Anda bukan warga Indonesia, maka Anda
tidak akan dapat tinggal dan menikmati kehidupan di indonesia. Namun ketika
Anda masuk ke Kanada ataupun negara lainnya maka Anda langsung terikat pada
aturan hukum yang berlaku di sana. Sekalipun Anda hanya seorang pengunjung,
jika Anda melanggar peraturan, seperti misalnya melanggar aturan parkir, Anda
tetap harus membayar denda. Tidak peduli apakah Anda seorang warga indonesia
atau bukan. Jika Anda berada di indonesia, maka Anda berada di bawah peraturan
hukum indonesia.
Serupa dengan itu, ketika Anda memasuki kerajaan Allah maka
Anda berada di bawah peraturan Allah. Jika Anda ingin menikmati
keuntungan-keuntungan dari kerajaan Allah, maka Anda harus menempatkan diri di
bawah pengaturan atau pemerintahan-Nya.
Seperti kata-kata dari Konfusius: Luan bang bu ru. Artinya,
Anda tidak akan pergi ke negeri yang kacau dan tidak diperintah dengan baik.
Jika Anda ingin menikmati kehidupan yang baik, Anda tentunya memilih untuk
pergi ke negeri yang pemerintahannya baik, atau yang dipimpin dengan baik.
Hal yang sama berlaku jika Anda menyerahkan hidup Anda kepada
Tuhan dan hidup di bawah pemerintahan-Nya. Anda akan menikmati keuntungan dari
hidup yang diisi oleh kebenaran, damai sejahtera, suka cita, kasih, saling
pengertian dan kekudusan. Semua hal itu dapat ditemukan di dalam kerajaan
Allah.
Melalui ilustrasi ini, Tuhan mau berbicara kepada manusia tentang hal sorgawi melalui
pekerjaan kita sehari-hari.
Di Palestina ada dua cara untuk menangkap ikan.
1. Memakai jala Tebar (amphiblestron)
Jala yang dilemparkan/ditebar yang kalau mau menangkap ikan dilempar
dan mengembang membentuk lingkaran, yang disekelilingnya diikat dengan
butir-butir timah.
Dan ketika masuk kedalam air melebar dan menangkap ikan-ikan yang
terjerat didalamnya lalu ditarik. Hal ini memerlukan :
- Mata yang jeli, Cekatan, dan ketrampilan yg baik, ia juga
harus sabar, berjaga-jaga, waspada saat menentukan untuk menebar jalanya.
2. Memakai jala Tarik. (Yunani-Sagene)- Pukat.
Inilah yang dimaksud dalam perumpamaan ini.
Pukat adalah jala besar berbentuk segi empat dengan tali-tali
pada tiap sudutnya. Dimasukan kedalam air lalu ditarik kapal. Dan segala jenis
ikan terjerat kedalamnya.
Dan didarat benda yang ada didalamnya dipilah-pilah. Ikan yang
baik ditaruh didalam bak air.
Ada 2
pelajaran penting dalam perumpamaan ini :
A. Sifat pukat tarik tidak dapat memilah-milah.
Ia menjaring segala macam benda di dalam air, hasilnya tentu
merupakan macam-mqacam benda.
Bila gereja seperti ini (menjala manusia seperti pukat),
berarti gereja tidak boleh membeda-bedakan (diskriminatif), tetapi harus
menerima segala sifat manusia, baik yang jahat dan yang baik, yang berguna dan
yang tidak berguna.
Ada dua pandangan tentang gereja EKSLUSIF DAN INKLUSIF.
Pandangan ekslusif menyatakan bahwa gereja adalah bagi org yang
baik, sungguh-sungguh punya komitmen, orang jauh berbeda dengan dunia.
Pandangan ini menarik, namun ini bukanlah pandangan PB MATIUS
7:1
siapakah yg harus menjadi hakim ? Kita tidak dapat menilai
siapa yang komitmen kepada kristus dan yang tidak.
B. Perumpamaan in mengajarkan tentang saat
pemisahan yang akan datang ketika yang baik dan jahat dipisahkan dan dikirim
ketempatnya masing-masing, tetapi pemisahan ini pasti bukanlah pekerjaan
manusia, melainkan pekerjaan Allah.
Oleh karena itu, tugas kita adalah mengumpulkan semua orang yang
mau datang dan bukannya memghakimi atau memisahkan, melainkan pemghakiman
terakhir ada pada Allah.
MARILAH KITA MENJALA BANYAK JIWA.
The drag net cast into the sea
47 Πάλιν ὁμοία ἐστὶν ἡ
βασιλεία τῶν οὐρανῶν
σαγήνῃ βληθείσῃ εἰς τὴν θάλασσαν
καὶ ἐκ παντὸς
γένους συναγαγούσῃ·
48 ἣν ὅτε ἐπληρώθη ἀναβιβάσαντες
ἐπὶ τὸν αἰγιαλὸν
καὶ καθίσαντες συνέλεξαν
τὰ καλὰ εἰς ἄγγη, τὰ δὲ σαπρὰ ἔξω ἔβαλον.
49 οὕτως ἔσται ἐν τῇ
συντελείᾳ τοῦ αἰῶνος
ἐξελεύσονται οἱ ἄγγελοι
καὶ ἀφοριοῦσιν τοὺς
πονηροὺς ἐκ μέσου τῶν
δικαίων
50 καὶ βαλοῦσιν
αὐτοὺς εἰς τὴν
κάμινον τοῦ πυρός·
ἐκεῖ ἔσται ὁ
κλαυθμὸς καὶ ὁ
βρυγμὸς τῶν ὀδόντων.
47 palin
omoia estin ē
basileia tōn ouranōn
sagēnē blētheisē eis
tēn thalassan kai
ek pantos genous
sunagagousē·
48 ēn
ote eplērōthē anabibasantes
epi ton aigialon
kai kathisantes sunelexan
ta kala eis
angē, ta de
sapra exō ebalon.
49 outōs
estai en tē
sunteleia tou aiōnos
exeleusontai oi angeloi
kai aphoriousin tous
ponērous ek mesou
tōn dikaiōn
50 kai
balousin autous eis
tēn kaminon tou
puros· ekei estai
o klauthmos kai
o brugmos tōn odontōn.
No comments:
Post a Comment