Monday, April 21, 2014

Matius 3:7-12, We have Abraham as our father/BERITA ANCAMAN DAN JANJI

indram642.blogspot.com

Matius 3:7-12, We have Abraham as our father/BERITA ANCAMAN DAN JANJI
Matthew 3:7-12

7   But when he saw many of the Pharisees and Sadducees coming to his baptism, he said to them, "Brood of vipers! Who warned you to flee from the wrath to come?
8   Therefore bear fruits worthy of repentance,
9   and do not think to say to yourselves, 'We have Abraham as our father.' For I say to you that God is able to raise up children to Abraham from these stones.
10  And even now the ax is laid to the root of the trees. Therefore every tree which does not bear good fruit is cut down and thrown into the fire.
11  I indeed baptize you with water unto repentance, but He who is coming after me is mightier than I, whose sandals I am not worthy to carry. He will baptize you with the Holy Spirit and fire.
12  His winnowing fan is in His hand, and He will thoroughly clean out His threshing floor, and gather His wheat into the barn; but He will burn up the chaff with unquenchable fire."

BERITA ANCAMAN DAN JANJI
I.    ORANG FARISI DAN SADUKI di contoh denggan dua gambaran (sebagai ular beludak)
         1.   Padang gurun.
-          Ada rumput-rumput kering
-          Ada semak-semak kering karena suit air.
-          Kadang terjadi kebakaran.
-          Ular dan binatang yang ada disitu berlarian menyelamatkan diri.
        2.  Padang Belantara (ditanami)
-          Ditumbuhi gandum, disitu akan banyak binatang (tikus, burung, kelinci)
-          Penuai datang dan menyabit gandum, binatang-binatang itu melarikan diri.

II. Kepercayaan Yahudi mereka menerima BERKAT KETURUNAN ABRAHAM:
-          Tidak melakukan apa-apapun diberkati.
-          Semua orang Israel mendapat bagian.
-          Berkat yang ada karena jasa nenek moyang.
-          Abraham akan duduk di depan pintu Neraka dan mengembalikan setiap orang israel.
-          Kapal-kapal dilaut lepas berlayar dengan selamat.
-          Musa bertemu dengan Allah dan menerima TAURAT.

III.  Inilah yang di cela oleh Yohanes.
-          Tidak karena kebesaran rohani tokoh-tokoh masa lampau.
-          Penjaga kebun anggur.:
+ Tidak berbuah pohon Ara di potong.
+ Hanya mengotori Kebun dan Ladang.
+ Yang tidak berbuah tidak berguna.

YOHANES.
-          Menunjuk orang lain.
-          Ia memperoleh nama
-          Ia merendahkan diri.

IV.  ROH dan API.
1.     ROH.
Yehezkiel 36:26-27, Yoel 2:28 (puncak pencurahan Roh); 37:14; 39:29; 44:3. Orang Yahudi menantikan Roh itu.

Konteks Roh Kudus yang Yohanes katakan adalah Konteks Pemikiran dan ajaran Yahudi tentang Roh :
a.    RUAKH = Roh, Yunani = Pneuma
Nafas/kehidupan.
Datangnya Roh adalah datangnya KEHIDUPAN
b.    RUAKH = ANGIN (berarti kekuatan)
Elia mendengar suara angin (Roh adalah kekuatan).
-          Angin bisa pembersihan.
-          Melempar Gandum ke udara (gandum turun cangkangnya terbang)
c.    Roh Allah = Karya Penciptaan
Merubah yang tidak baik menjadi baik. 2 Korintus 5:17
d.    Fungsi Roh menurut orang Yahudi.
-          Roh Allah membawa kebenaran kepada manusia.
-          Roh memungkin manusia mengenal kebenaran.

2.    A P I
a.   Penerangan (pembimbing)
Lampu Penerang didarat/laut/udara.
b.  KEHANGATAN, (membawa kehangatan)
c.   PEMBERSIHAN/PENYUCIAN/PENGHANCURAN/PEMURNIAN.
Menjadi SIFAT dan SIKAP yang baru.

Matius 3:7-12
7   Tetapi waktu ia melihat banyak orang Farisi dan orang Saduki datang untuk dibaptis, berkatalah ia kepada mereka: "Hai kamu keturunan ular beludak. Siapakah yang mengatakan kepada kamu, bahwa kamu dapat melarikan diri dari murka yang akan datang?
8   Jadi hasilkanlah buah yang sesuai dengan pertobatan.
9   Dan janganlah mengira, bahwa kamu dapat berkata dalam hatimu: Abraham adalah bapa kami! Karena aku berkata kepadamu: Allah dapat menjadikan anak-anak bagi Abraham dari batu-batu ini!
10 Kapak sudah tersedia pada akar pohon dan setiap pohon yang tidak menghasilkan buah yang baik, pasti ditebang dan dibuang ke dalam api.
11 Aku membaptis kamu dengan air sebagai tanda pertobatan, tetapi Ia yang datang kemudian dari padaku lebih berkuasa dari padaku dan aku tidak layak melepaskan kasut-Nya. Ia akan membaptiskan kamu dengan Roh Kudus dan dengan api.
12 Alat penampi sudah ditangan-Nya. Ia akan membersihkan tempat pengirikan-Nya dan mengumpulkan gandum-Nya ke dalam lumbung, tetapi debu jerami itu akan dibakar-Nya dalam api yang tidak terpadamkan."

7   ἰδὼν  δὲ  πολλοὺς  τῶν  Φαρισαίων  καὶ  Σαδδουκαίων  ἐρχομένους  ἐπὶ  τὸ  βάπτισμα  εἶπεν  αὐτοῖς·  γεννήματα  ἐχιδνῶν,  τὶς  ὑπέδειξεν  ὑμῖν  φυγεῖν  ἀπὸ  τῆς  μελλούσης  ὀργῆς; 
8   ποιήσατε  οὖν  καρπὸν  ἄξιον  τῆς  μετανοίας 
9   καὶ  μὴ  δόξητε  λέγειν  ἐν  ἑαυτοῖς  πατέρα  ἔχομεν  τὸν  Ἀβραάμ.  λέγω  γὰρ  ὑμῖν  ὅτι  δύναται  ὁ  θεὸς  ἐκ  τῶν  λίθων  τούτων  ἐγεῖραι  τέκνα  τῷ  Ἀβραάμ. 
10   ἤδη  δὲ  ἡ  ἀξίνη  πρὸς  τὴν  ῥίζαν  τῶν  δένδρων  κεῖται·  πᾶν  οὖν  δένδρον  μὴ  ποιοῦν  καρπὸν  καλὸν  ἐκκόπτεται  καὶ  εἰς  πῦρ  βάλλεται.
11   Ἐγὼ  μὲν  ὑμᾶς  βαπτίζω  ἐν  ὕδατι  εἰς  μετάνοιαν,  ὁ  δὲ  ὀπίσω  μου  ἐρχόμενος  ἰσχυρότερος  μού  ἐστιν,  οὗ  οὐκ  εἰμι  ἱκανὸς  τὰ  ὑποδήματα  βαστάσαι·  αὐτὸς  ὑμᾶς  βαπτίζω  ἐν  πνεύματι  ἁγίῳ  καὶ  πυρί· 
12   οὗ  τὸ  πτύον  ἐν  τῇ  χειρὶ  αὐτοῦ  καὶ  διακαθαριεῖ  τὴν  ἅλωνα  αὐτοῦ  καὶ  συνάξει  τὸν  σῖτον  αὐτοῦ  εἰς  τὴν  ἀποθήκην  τὸ  δὲ  ἄχυρον  κατακαύσει  πυρὶ  ἀσβέστῳ.

7   idōn  de  pollous  tōn  pharisaiōn  kai  saddoukaiōn  erchomenous  epi  to  baptisma  eipen  autois·  gennēmata  echidnōn,  tis  upedeixen  umin  phugein  apo  tēs  mellousēs  orgēs; 
8   poiēsate  oun  karpon  axion  tēs  metanoias 
9   kai  mē  doxēte  legein  en  eautois  patera  echomen  ton  abraam.  legō  gar  umin  oti  dunatai  o  theos  ek  tōn  lithōn  toutōn  egeirai  tekna  tō  abraam.
10 ēdē  de  ē  axinē  pros  tēn  rizan  tōn  dendrōn  keitai·  pan  oun  dendron  mē  poioun  karpon  kalon  ekkoptetai  kai  eis  pur  balletai.
11 egō  men  umas  baptizō  en  udati  eis  metanoian,  o  de  opisō  mou  erchomenos  ischuroteros  mou  estin,  ou  ouk  eimi  ikanos  ta  upodēmata  bastasai·  autos  umas  baptisei  en  pneumati  agiō  kai  puri· 
12 ou  to  ptuon  en  tē  cheiri  autou  kai  diakathariei  tēn  alōna  autou  kai  sunaxei  ton  siton  autou  eis  tēn  apothēkēn  to  de  achuron  katakausei  puri  asbestō.

Bekasi,  13 April 2013



indram642.blogspot.com

Saturday, April 19, 2014

Matius 3:1-12, SUARA KENABIAN

Indram642.blogspot.com

Matius 3:1-12 - SUARA KENABIAN
1      In those days John the Baptist came preaching in the wilderness of Judea,
2      and saying, "Repent, for the kingdom of heaven is at hand!"
3      For this is he who was spoken of by the prophet Isaiah, saying:
            " The voice of one crying in the wilderness:
            ' Prepare the way of the LORD;
            Make His paths straight.' "
4     Now John himself was clothed in camel's hair, with a leather belt around his waist; and his food was locusts and wild honey.
5     Then Jerusalem, all Judea, and all the region around the Jordan went out to him
6     and were baptized by him in the Jordan, confessing their sins.
7     But when he saw many of the Pharisees and Sadducees coming to his baptism, he said to them, "Brood of vipers! Who warned you to flee from the wrath to come?
8     Therefore bear fruits worthy of repentance,
9     and do not think to say to yourselves, 'We have Abraham as our father.' For I say to you that God is able to raise up children to Abraham from these stones.
10    And even now the ax is laid to the root of the trees. Therefore every tree which does not bear good fruit is cut down and thrown into the fire.
11    I indeed baptize you with water unto repentance, but He who is coming after me is mightier than I, whose sandals I am not worthy to carry. He will baptize you with the Holy Spirit and fire.
12   His winnowing fan is in His hand, and He will thoroughly clean out His threshing floor, and gather His wheat into the barn; but He will burn up the chaff with unquenchable fire."

Yohanes adalah  anak dari Zakharia dan Elisabeth Lukas 1:5-25,57-66, Nama ‘Yohanes’ berarti Yahweh is gracious’ (= Tuhan itu baik / penuh kasih karunia).

Ciri Khas suara Yohanes dan pekerjaannya didalam dunia ini :

I.     Tanpa Gentar mengutuk kejahatan yang dilihatnya (TERANG)
CONTOH :
-       Herodes kawin tidak sah.
-       Farisi dan Saduki (FORMALITAS RITUAL)
-       Mencela Masyarakat yang sudah tidak ingat lagi Allahnya.
Yohanes adalah terang yang bersinar di tempat gelap.
-       Mungkin dalam hidup ada saat kita sangat hati-hati didalam tindakan dan kata-kata, karena tidak ingin menyakiti hati orang lain.
-       Tapi akan tiba waktunya gereja mengeluarkan keputusan dan kata-kata yang tajam dan keras yang menyakiti hati orang banyak.
-       Yohanes Pembaptis menegur dosa orang-orang Farisi dan orang-orang Saduki itu dengan cara yang sangat keras, padahal namanya berarti ‘Tuhan itu baik / penuh kasih karunia’. Ini bukanlah sesuatu yang bertentangan, karena kebaikan / kasih kepada seseorang harus ditunjukkan dengan suatu keberanian menegur dosa orang itu. Jadi, peneguran dosa adalah wujud kasih. Baca Amsal 27:5-6.

II.    Ia memberitakan Firman Tuhan (ay 2): (SUARA)
-          Bertobatlah sebab Kerajaan Surga sudah dekat.
Bertobat  Pertobatan adalah tindakan berbalik 180° dari kehidupan lama. 2 Korintus 5:17.
Kerajaan Surga  berarti  Pemerintahan, Gereja, Semua orang yang sudah ditebus dan hidup baru.
Kerjaan Surga  sudah datang saat Yesus ada didunia  dan akan terus berkembang  mencapai puncaknya pada saat kedatangannya yang kedua kali.
-       Membawa berita yang positif, membangkitkan, menggairahkan.
-       Gereja harus menyatakan kebenaran Firman yang lebih tinggi dan luhur.

III.   Yohanes datang dari Tuhan (TANDA)
Ia datang dari Padang dari Gurun.
-       Dipersiapkan Tuhan.
-       Bukan dengan pendapat atau pikiran-pikirannya.
-       Dia akrab/lebih dahulu berhubungan dengan Tuhan.

IV.      Yohanes menunjuk kepada sesuatu yangada di luar dirinya.
Yohanes mempertemukan manusia dengan Tuhan. (NABI)
Maleaki  4:5. Allah mengutus Elia menjelang hari Tuhan.
2 Raja 1:18. Pakaiannya bulu onta
Yohanes mempersiapkan jalan..

V.     Yohanes membaptis.
        Baptisan Yohanes adalah untuk pertobatan dan pengampunan dosa (ay 11  Markus 1:4  Lukas 3:3). Ini tidak berarti bahwa baptisan itu sendiri bisa mengampuni dosa! Tanpa adanya iman dan penyesalan dosa, kita tidak mungkin bisa diampuni.
Baptisan Yohanes dengan Baptisan Kristen :
Pada prinsipnya sama tapi ada beberapa perbedaan yaitu Baptisan Yohanes menekankan pertobatan; baptisan Kristen menekankan iman, Baptisan Yohanes untuk orang Yahudi saja; baptisan Kristen untuk segala bangsa (Matius 28:19). Baptisan Yohanes tidak berhubungan dengan penerimaan Roh Kudus (bdk. Kisah Rasul 19:2-3); baptisan Kristen berhubungan dengan penerimaan Roh Kudus

Dan yang harus dimengerti Baptisan tidak bisa diulang, apa lagi dilakukan berulang-ulang tidak alkitab biah, karena teladan kita adalah Yesus, Yesus sendiri di Baptis oleh Yohanes dan tidak ada penjelasan lain yang menyatakan tuhan Yesus dibaptis kembali.

Bekasi, Tanggal, 11 April 2013



indram642.blogspot.com

KALIMAT PENDEK

KITAB 1 KORINTUS

RHEMA HARI INI

KITAB MATIUS