MATIUS 11:20-24
20 Lalu
Yesus mulai mengecam kota-kota yang tidak bertobat, sekalipun di situ Ia paling
banyak melakukan mujizat-mujizat-Nya:
21 Celakalah
engkau Khorazim! Celakalah engkau Betsaida! Karena jika di Tirus dan di Sidon
terjadi mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, sudah lama
mereka bertobat dan berkabung.
22 Tetapi
Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan Tirus dan Sidon akan
lebih ringan dari pada tanggunganmu.
23 Dan engkau
Kapernaum, apakah engkau akan dinaikkan sampai ke langit? Tidak, engkau akan
diturunkan sampai ke dunia orang mati! Karena jika di Sodom terjadi
mujizat-mujizat yang telah terjadi di tengah-tengah kamu, kota itu tentu masih
berdiri sampai hari ini.
24 Tetapi
Aku berkata kepadamu: Pada hari penghakiman, tanggungan negeri Sodom akan lebih
ringan dari pada tanggunganmu."
Woe to the Impenitent
Cities
20 Then He began to rebuke the cities in which
most of His mighty works had been done, because they did not repent:
21 "Woe to you, Chorazin! Woe to you,
Bethsaida! For if the mighty works which were done in you had been done in Tyre
and Sidon, they would have repented long ago in sackcloth and ashes.
22 But I say to you, it will be more tolerable for
Tyre and Sidon in the day of judgment than for you.
23 And you, Capernaum, who are exalted to heaven,
will be brought down to Hades; for if the mighty works which were done in you
had been done in Sodom, it would have remained until this day.
24 But I say to you that it shall be more
tolerable for the land of Sodom in the day of judgment than for you."
Tuhan Yesus mengecam kota-kota, Khorazim, Betsaida dan
Kapernaum. Karena kota-kota ini memiliki dosa yang lebih buruk daripada dosa
Tirus, Sidon dan dosa Sodom dan Gomorah yang kita ketahui bahwa kota-kota ini
dikecam oleh Tuhan berkali-kali, contoh untuk :
a.
Tirus
dan Sidon : Yesaya 23; Yeremia 25:22; Yeremia 47:4; Yehezkiel 26:3-7; Yehezkiel
28:12-22; Amos 1:29-30; Yoel 3:4-8
b.
Sodom
dan Gomorah. Kejadian 13:13; Kejadian 18:20, 2 Petrus 2:6-8.
Ada pertanyaan sesuai tulisan dari ayat 21. Mengapa Tuhan tidak
memberikan mujijat kepada kota Khorazim, Betsaida dan juga Sodom dan Gomorah,
padahal Ia tahu bahwa kalau mereka melihat mujijat, mereka akan bertobat?’.
Jawaban terhadap pertanyaan itu:
Tuhan
tidak wajib memberikan mujijat itu.
Mereka adalah orang berdosa, dan Tuhan tidak perlu / wajib
memberi mujijat dahulu sebelum menghukum mereka. Tuhan berhak langsung
menghukum. Sekalipun biasanya Tuhan memberikan peringatan-peringatan lebih
dahulu (melalui nabi-nabi yang memberitakan Firman Tuhan dan melakukan
mujijat), tetapi itu bukan kewajiban Tuhan. Kalau Ia melakukan hal itu, itu
hanya karena belas kasihanNya / kemurahanNya. Tetapi kalau Ia langsung
menghukum, Ia tetap adil dan tidak bisa dikatakan jahat. Bandingkan dengan Roma
9:15 - “Sebab Ia berfirman kepada Musa: ‘Aku akan menaruh belas kasihan kepada
siapa Aku mau menaruh belas kasihan dan Aku akan bermurah hati kepada siapa Aku
mau bermurah hati.’”.
Illustrasi:
Kalau saudara biasa
memberi tip kepada pelayan restoran, dan suatu hari saudara tidak memberi tip,
maka saudara akan dianggap jahat. Tetapi jelas ini merupakan anggapan yang
semaunya sendiri. Saudara tidak mempunyai kewajiban untuk memberi tip. Kalau
biasanya saudara memberi, maka itu karena kemurahan hati saudara, dan kalau
saat itu saudara tidak memberi tip, itu merupakan hak saudara, dan saudara
tidak bisa dikatakan sebagai jahat.
Kalau kita tidak langsung dihancurkan oleh Tuhan dan kita masih
diberi kesempatan untuk mendengar / belajar Firman Tuhan, itu adalah kemurahan
hati Tuhan kepada saudara! Apakah saudara mau menyia-nyiakan kemurahan hati
Tuhan itu dengan tak mau belajar Firman Tuhan atau tidak taat kepada Firman
Tuhan? Baca Roma 2:4.
Dosa
apa saja yang membuat Tuhan mengecam kota Khorazim, Betsaida dan Kapernaum.:
1. Manusia yang
tidak menghargai- melupakan hak istimewa.
Kota-kota di Galilea itu mendapat hak
istimewa karena telah melihat dan mendengar Yesus secara langsung yang tidak
pernah diberikan kepada kota Tirus dan Sidon, atau Sodom dan Gomorah.
Seseorang tidak dapat disalahkan karena
tidak pernah mendapat kesempatan untuk mengetahui yang benar, tetapi bila
seseorang telah mendapat kesempatan untuk mengetahui apa yang benar lalu
melakukan kesalahan yg sudah diketahuinya, barulah ia dapat dipersalahkan.
Contoh :
Ø
Kita tidak mungkin menghukum seorang anak kecil dengan hukuman
yang sama kepada orang dewasa.
Ø
Kita tidak mungkin menghukum orang yang tidak terdidik atas
kelakuannya seperti kepada orang yang terdidik.
Ø
Tidak mungkin orang yang tinggal ditempat kumuh untuk menjalani
hidup ditempat lingkungan yang baik dan menyenangkan.
Makin besar hak istemewa yang kita miliki, makin
besar pula hukuman yang dihadapinya.
2. Karena tidak
adanya kepeduliaan.
Kota-kota ini tidak menyerang,
mengusir, tidak berusaha menyalibkan Yesus. Tapi mereka tidak mempedulikan-Nya.
Sikap tidak peduli sama bahayanya
dengan penganiyaan. Sikap tidak peduli juga merupakan dosa.
Sikap itu tidak membakar suatu
agama, tidak memenggal kepala tetapi sikap itu dapat membuat agama mati.
Tidak melakukan apapun itu dosa (lihat tentang Talenta). Ada
dosa karena tindakan dan perbuatan, tetapi ada dosa karena tidak bertindak dan
berbuat apa-apa.
Dosa kota Khorazim,
Betzaida, dan Kapernaum adalah dosa karena tidak melakukan apa-apa.
Apakah saudara sudah
terima Yesus didalam hidupmu, kalau sudah mari bertindak sesusai dengan
Firmannya (baca firman Tuhan/Alkitab dengan rajin) maka Yesus yang sudah
mendatangi hidupmu dengarkan dan lakukanlah perintah-perintahnya. Maka kamu
akan medapatkan hidup yang kekal.
Woe to the Unrepentant (Luke 10:13-16)
20 Τότε ἤρξατο ὀνειδίζειν
τὰς πόλεις ἐν αἷς ἐγένοντο
αἱ πλεῖσται δυνάμεις
αὐτοῦ, ὅτι οὐ
μετενόησαν•
21 Οὐαί σοι, Χοραζίν*•
οὐαί σοι, Βηθσαϊδά*•
ὅτι εἰ ἐν Τύρῳ καὶ
Σιδῶνι ἐγένοντο αἱ
δυνάμεις αἱ γενόμεναι
ἐν ὑμῖν, πάλαι ἂν ἐν
σάκκῳ καὶ σποδῷ
μετενόησαν.
22 πλὴν λέγω ὑμῖν,
Τύρῳ καὶ Σιδῶνι
ἀνεκτότερον ἔσται ἐν ἡμέρᾳ κρίσεως
ἢ ὑμῖν.
23 καὶ σύ, Καφαρναούμ,
μὴ ἕως οὐρανοῦ
ὑψωθήσῃ; ἕως ᾅδου*
καταβήσῃ• ὅτι εἰ ἐν Σοδόμοις
ἐγενήθησαν αἱ δυνάμεις
αἱ γενόμεναι ἐν
σοί, ἔμεινεν ἂν
μέχρι τῆς σήμερον.
24 πλὴν λέγω ὑμῖν ὅτι γῇ
Σοδόμων ἀνεκτότερον ἔσται ἐν ἡμέρᾳ
κρίσεως ἢ σοί.
Jesus upbraids Korazin, Bethsaida, and
Capernaum;
20 tote ērxato oneidizein
tas poleis en
ais egenonto ai
pleistai dunameis autou
oti ou metenoēsan·
21 ouai soi, chorazin,
ouai soi, bēthsaida·
oti ei en
turō kai sidōni
egenonto ai dunameis
ai genomenai en
umin, palai an
en sakkō kai
spodō metenoēsan.
22 plēn legō umin
turō kai sidōni
anektoteron estai en
ēmera kriseōs ē
umin.
23 kai su, kapharnaoum,
mē eōs ouranou
upsōthēsē; eōs adou
katabēsē· oti ei
en sodomois egenēthēsan
ai dunameis ai
genomenai en soi,
emeinen an mechri
tēs sēmeron.
24 plēn legō umin
oti gē sodomōn
anektoteron estai en
ēmera kriseōs ē soi.
No comments:
Post a Comment